CHOCOCHIPS COOKIES (PART 2)



Masih dalam edisi cookies ya... Siapa tau bisa menginspirasi yang mau bikin cookies untuk suguhan di Hari Raya besok. Chocochips cookies kali ini berbeda dengan resep chocochips cookies yang dulu sudah pernah aku posting ya. Kalau resep yang dulu aku dapatkan dari Joy of Baking, sedangkan resep yang ini kudapatkan dari Mbak Rini, rekan LBT'ers. Yang bikin aku tertarik dengan resep ini adalah karena chocochips cookies ini tidak menggunakan coklat bubuk. Selama ini aku selalu membuat chocochips cookies dengan memakai coklat bubuk, baik itu coklat bubuk yang berwarna pekat atau yang kemerahan. Kata Mbak Rini, tahun lalu cookies ini adalah salah satu best seller jualannya lho. Naaah...tambah penasaran kan. Karena kebetulan ada salah 1 customer yang ingin dibuatkan varian cookies selain yang sudah kubuat tahun ini, jadi kuputuskan bikin chocochips cookies ini aja.




Berikut resep yang kudapatkan dari Mbak Rini dengan sedikit modif dariku ya...

CHOCOCHIPS COOKIES

Bahan :
300 gr butter / margarin (bisa dimix ya)
120 gr gula pasir halus
2 kuning telur
340 gr tepung terigu protein rendah atau sedang (aku sangrai dulu)
50 gr maizena
50 gr susu bubuk full cream (aku pakai susu bubuk coklat)
150 gr chocochips

Cara Membuat :
- Panaskan oven 140'C, oles tipis loyang dengan margarin.
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan
- Kocok butter dan gula pasir halus sebentar saja asal rata. Masukkan kuning telur dan mixer kembali sebentar asal tercampur rata.
- Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu / spatula hingga tercampur rata. 
- Masukkan chocochips, aduk rata.
- Ambil adonan kurang lebih sebanyak 1 sdt, pulung dan tata di loyang. Tekan adonan perlahan dengan menggunakan garpu. Lakukan hingga adonan habis.
- Panggang hingga berwarna kecoklatan dan matang.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack baru kemudian dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Tanpa penggunaan coklat bubuk atau juga tanpa susu bubuk coklat seperti yang kupakai, cookies ini tetap akan bisa berwarna keemasan. Cantik juga kan ya...hihihihi. Tepung terigu yang disangrai bertujuan untuk membuat tekstur cookies menjadi lebih renyah. Cobain deh dan rasakan bedanya...




Kalau menginginkan bentuk cookies yang seragam beratnya, bisa menggunakan scoop es krim ukuran kecil. Karena aku belum punya, jadi hanya menggunakan sendok ukur aja. Kalau gak punya sendok ukur, pakai sendok teh biasa aja deh atau bisa juga pakai jurus kira-kira xixixixi. Yang pasti bikin chocochips ini cukup mudah kan dan tidak terlalu ribet seperti membuat cookies lainnya. Cobain bikin yuuuk...
Happy Baking ya ^_^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

16 komentar

komentar
Sunday, 25 May 2014 at 21:58:00 GMT+7 delete

mba nina, barusan aku coba bikin. tapi kok pas di panggang adonannya agak lumer. jadi gak ada bentuk tekanan garpunya. itu kenapa ya mba? apa karna pake margarin semua atau karna aku pake 3 kuning telur (tapi telur nya kecil2)....?!

Reply
avatar
Tuesday, 27 May 2014 at 22:11:00 GMT+7 delete

bisa karena ngocok gula + butter/margarinnya kelamaan mbak, bisa juga karena kebanyakan cairan dari kuning telurnya. Solusinya bisa dimasukkan kulkas sebentar saja biar lebih set.

Reply
avatar
Monday, 30 June 2014 at 22:16:00 GMT+7 delete

Kalo ditambahin vanila extract boleh nggak?

Reply
avatar
Thursday, 17 July 2014 at 19:09:00 GMT+7 delete

Bunda, kmrn sy udah nyoba resep ini, q tambahin vanilla extract, krn punya itu di rumah. Saya bikin cuma 1/2 resep aja,krn cuma nyoba,klo gagal biar ga nangis banget gitu Bun. hehehe.. Tapi kok jadinya kuenya gampang remuk ya? Alias gampang ancur. Trus walau bagian bawah cookies nya udah kering & pecah2 sampe hmpir gosong, bagian atasnya kaya masih berupa adonan gitu. Jadi agak lengket lah bagian atasnya. Tapi pas dimakan sih ok2 aja rasanya, dan ga bikin sakit perut Nda. Hihihii.. Adonannya sempet saya masukin kulkas sebentar sebelum sy cetak. Kira2 kenapa ya Nda?

Oh, ya sekedar info saja, sy pake mentega blue band biasa dicampur ama Wisman (rum butter yg lumayan mahal itu). Kuning telurnya sy pake 1 aja. Tepungnya 1/2 dari yg tertulis di resep. Apakah salah pake butter? Ato sy kurang banyak ngasih tepung?

Mohon info ya Bunda. Lagi belajar nih soalna. Terima kasih.

-Indri-

Reply
avatar
Thursday, 17 July 2014 at 19:15:00 GMT+7 delete

Bunda, sy kmrn nyoba resep ini,tp cuma 1/2 resep. Jadinya semua bahan sy bagi 2, soalnya sy mau bikin 1/2 aja. Nyoba doank sih, biar klo gagal kan ga nangis banget gitu. Sy pake mentega Blue Band biasa di mix sama Wisman. Trus kuning telurnya cuma 1, tepungnya 1/2 dari yg tertulis di resep. Setelah jadi, adonannya sempet sy masukan kulkas sebentar.
Nah, pas sy oven, warna nya emang jadi keemasan kaya di gambar. Saya keluarin dr oven pas bagian bawahnya udah coklat & pecah2. Tapi kok kuenya gampang ancur ya Bunda?
Trus bagian atas cookiesnya, klo dipegang,masih kaya lengket gitu di tangan. Tapi pas dimakan sih baik2 aja, dan sy ga sakit perut.

Kira2 kenapa bisa begitu ya Bunda? Apa salah pake margarinnya? Ato kebanyakan tepungnya?

Mohon infonya ya Bunda. Soalnya lg belajar nih. Hehhee.. Terima ksh...

-Indri-

Reply
avatar
Saturday, 19 July 2014 at 21:08:00 GMT+7 delete

Halo Indri...salam kenal. Cookies ini memang teksturnya renyah dan cenderung mudah hancur. Coba kalau bikin lagi, dikurangi maizenanya ya. Kemarin bikin pakai perbandingan butter : margarin berapa ya?
Ketika dipanggang dan baru matang, memang tidak langsung kering, nanti setelah dingin akan kering dengan sendirinya

Reply
avatar
Saturday, 6 June 2015 at 09:11:00 GMT+7 delete

Mbak untuk pengocokan butter ny brapa lama y, kmren ak coba kue sagu ny, pas dipanggang lumer,,,,

Reply
avatar
Thursday, 11 June 2015 at 20:43:00 GMT+7 delete

kalau lumer berarti overmix, saya sebentar aja kurleb 2 menit

Reply
avatar
Monday, 22 June 2015 at 08:32:00 GMT+7 delete

halo mbak nina salam kenal.. aku mau coba nih resepnya, tapi ada yang mau tanyain..
1. kalo aku mau pake coklat bubuk, brp gram ya yang dibutuhkan untuk resep diatas? & apakah terigunya harus dikurangi kalo pake coklat bubuk?
2. kira2 hasilnya dapat brp cookies ya?
3. untuk campuran margarin & butternya perbandingannya gmn?
4. kalo aku mau tambahkan kopi bubuk rasa moccacino, butuh brp takarannya? dan apakah harus diseduh dulu?

maaf ya mbak pertanyaannya borongan hehe.. terimakasih sebelumnya ya mbak..

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 06:35:00 GMT+7 delete

1. kalau pakai coklat bubuk, tambahkan 20 gr
2. gak ngitung mbak jadinya berapa cookies, dicoba sendiri aja ya
3. boleh pakai perbandingan 1:1 atau 1:2
4. gak usah diseduh, dimasukkan aja moccacinonya. Takarannya kira2 aja ya, saya gak pernah nyoba

Reply
avatar
Thursday, 2 July 2015 at 15:38:00 GMT+7 delete

berati takaran terigunya ga perlu dikurangin ya mbak? langsung tambahin coklat bubuknya aja 20gr? makasih ya mbak dah jawab prtanyaanku :)

Reply
avatar
L
Wednesday, 29 July 2015 at 12:11:00 GMT+7 delete

Mba nina, makasih contekan resepnya ya. Udah aku buat dan hasilnya enak.
Izin share di fb ku yah

Reply
avatar
Sunday, 6 December 2015 at 00:08:00 GMT+7 delete

Apa beda gula pasir biasa ama gula pasir halus mbak?

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 13 June 2016 at 13:05:00 GMT+7 delete

Mba....tepungnya klo disangrai nya malem trus baru dibikin paginya bisa renyah jg gk mba? Mohon pencerahannya ya mba...

Reply
avatar
Thursday, 18 August 2016 at 09:54:00 GMT+7 delete

Mbak..suka banget deh sama hasil foto2nya.^^

Reply
avatar