CAP CAY SEADANYA



Cap cay (Hanzi: 雜菜; Pinyin: zácài; Pe̍h-ōe-jī: cha̍p-chhài; "aneka sayuran") adalah dialek Hokkian yang berarti harfiah "aneka ragam sayur". Cap cay adalah nama salah satu Chinese Food yang populer yang khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa cap cai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti "sepuluh sayur". Cap di dalam dialek Hokkian juga berarti "sepuluh", dan cai berarti sayur (Wikipedia).

Dalam perkembangannya cap cay sekarang banyak dikombinasikan dengan berbagai macam bahan pelengkap, misalnya dengan menambahkan sosis, kekian, ayam atau bahkan bahan seafood. Jenis capcay juga sangat beragam ditemukan di Indonesia. Ada cap cay dengan memakai kuah, baik itu kuah bening atau kuah kental. Ada juga cap cay yang kuahnya sedikit sekali sehingga disebut cap cay kering atau cap cay goreng. Enak yang mana? Tentunya kembali ke selera masing-masing.

Di keluargaku, cap cay termasuk jenis menu yang sering dihidangkan. Selain kami menyukai karena rasanya, tentunya yang paling penting adalah pembuatannya yang cepat dan anti lama (teteup ya). Seringnya sih bikin capcay seadanya aja, menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. Tapi kalau lagi niat bikin cap cay spesial ya diniatin deh beli aneka bahan hihihihi. Pokoknya tergantung mood juru masaknya deh.
Berikut adalah cap cay seadanya yang kubuat dan memakai jurus cemplang cemplung aja. Semoga bisa menginspirasi karena menurutku cap cay ini enak sekali disajikan untuk menu berbuka dan juga sahur.

CAP CAY SEADANYA

Bahan :
1/2 butir bawang bombay, iris memanjang
3 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
100 gr fillet ayam, potong dadu
5 butir bakso ayam, iris tipis
3 buah sosis ayam, iris tipis serong
2 buah wortel, iris serong
2 bonggol pokcoy, potong-potong
1/2 bonggol sawi putih, potong-potong
2 batang daun bawang, potong-potong
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1-2 sdm kecap manis
1/2 sdt minyak wijen
garam, gula dan merica bubuk secukupnya
air secukupnya
1/2 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air (bila ingin kuah kental)
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan fillet ayam dan sosis ayam, aduk rata hingga berubah warna.
- Masukkan wortel dan bakso ayam. Aduk rata.
- Tuang air secukupnya, masak sebentar hingga wortel lunak.
- Setelah wortel lunak, masukkan pokcoy dan sawi putih. Bumbui dengan saus tiram, kecap ikan, kecap manis, garam, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata.
- Bila ingin kuah kental, tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
- Menjelang diangkat masukkan daun bawang dan minyak wijen. Aduk rata.
- Angkat dan siap disajikan hangat.

Tuuh...benar-benar cap cay seadanya kan ya. Jangankan 10 macam sayuran, yang kupakai cuma 3 macam aja heheheh. Biasanya aku suka juga menambahkan brokoli, bunga kol dan juga jagung kecil. Sebagai pelengkapnya, bisa ditambahkan juga udang atau jamur. Pasti tambah enak. Hati-hati dalam pemakaian garam ya, karena kecap ikan dan saus tiram sudah cukup gurih, jadi masukkan garam sedikit dahulu dan bisa ditambahkan hingga rasanya pas sesuai selera.
Happy Cooking ^_^





Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar