PUDING TELUR CEPLOK


Ikutan kena virus puding telur ceplok (PTC) yang lagi mewabah di grup dan FB. Pertama liat langsung pengen bikin, kebayang aja kalau anak-anak bakal ketawa geli liat penampilan puding ini. Emang lucu banget ya dan mirip dengan telur ceplok beneran. Bener aja deh, kakak dan adek semangat banget bantuin Bundanya bikin puding ini. Berebutan menyiapkan mika dan puding kuningnya sambil sesekali masuk ke mulut mereka hihihihi, lucuuu banget.

Resepnya bisa memakai resep puding andalan masing-masing ya. Kalau resep asli dari mbak Retno, untuk kuning telurnya memakai labu kuning. Ada juga yang memakai mangga ataupun jeruk segar. Karena aku gak punya buah-buahan selain semangka, jadinya aku gak pakai campuran buah deh di kuning telurnya. Kalau maksa pakai semangka kan jadinya bukan kuning telur, tapi merah telur heuheuheu >.<




Berikut ini resep yang kupakai. Silahkan dimodif lagi sesuai selera ya. Kebetulan aku kurang suka manis, jadi pudingnya kubuat tidak terlalu manis. 

PUDING TELUR CEPLOK

Bahan Puding Kuning :
1 bungkus jelly rasa jeruk (aku pakai Nutrijell)
8 sdm gula pasir (kurleb 90 gr) atau sesuai selera
1 sachet susu kental manis putih 
700 ml air
1 bungkus minuman serbuk jeruk (aku pakai Nutrisari)

Cara Membuat Puding Kuning :
- Siapkan cetakan talam / kue mangkok yang kecil, basahi dengan air. Sisihkan.
- Campur jelly bubuk dan gula pasir, aduk rata. 
- Tuang air dan susu kental manis. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api.
- Biarkan uap panasnya hilang, masukkan serbuk jeruk. Aduk rata.
- Tuang di cetakan talam hingga 1/3 tinggi. Dinginkan dan biarkan set di kulkas.

Bahan Puding Putih :
1 bungkus agar-agar plain
3-4 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
2 sachet susu kental manis putih
800 ml air
50 gr coklat masak putih (white cooking chocolate)
1 sdt vanilla

Cara Membuat Puding Putih :
- Tim coklat masak putih hingga meleleh. Sisihkan.

- Campur agar-agar, vanilla dan gula pasir, aduk rata.
- Tambahkan air dan susu kental manis. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api.
- Tuang coklat masak putih leleh, aduk rata.

Penyelesaian :
- Siapkan mika bulat (bisa juga pakai yang kotak ya), letakkan puding kuning di tengah mika dengan posisi bagian bawah diletakkan di atas (dibalik ya).
- Perlahan-lahan tuangkan adonan puding putih di sekeliling puding kuning. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menetes pada puding kuning. Lakukan hingga habis.
- Dinginkan kemudian bekukan di kulkas hingga set.






Lucuuuu ya pudingnya, mirip telur ceplok beneran. Kata kakak Naira yuuuk dimakan pakai nasi hihihi. 

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

22 komentar

komentar
Thursday, 4 July 2013 at 09:42:00 GMT+7 delete

mbak ijin copy resep nya yaa.
mau tanya itu tempat puding pake apa ya? tadi malam cari ke toko plastik kok gak nemu.

terima kasih

Reply
avatar
Friday, 5 July 2013 at 13:47:00 GMT+7 delete

My Rainbow Dreams..hehehehe...kaya telur ceplok beneran ya ^_^

Reply
avatar
Friday, 5 July 2013 at 13:47:00 GMT+7 delete

mbak Devi...silahkan mbak. Itu aslinya mika tempat kue biasa, tutupnya 1/2 lingkaran, jadi aku gunting tutupnya

Reply
avatar
Tuesday, 16 July 2013 at 12:35:00 GMT+7 delete

mau coba ah ntar sore mbak,,,,,,hahahahaha lucu banget ,,,,,

Reply
avatar
Tuesday, 16 July 2013 at 19:47:00 GMT+7 delete

Мƅɑ̤̈̊ҝ aku °ϋϑάђ° coba resepnya,,,,rasanya seger,,,,puding kuning G̅ɑ̤̈̊ĸ ada nutrisari aku ganti sirup sirup jeruk,Ɣªήğ putih G̅ɑ̤̈̊ĸ ada Ɣªήğ plain aku ganti leci....."̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮‎​​ makasih resepnya ƴɑ̤̥̈̊ Мƅɑ̤̈̊ҝ .....aku sering nyontek niy resep2 Мƅɑ̤̈̊ҝ .....jempollll deh buat Мƅɑ̤̈̊ҝ ....

Reply
avatar
Tuesday, 16 July 2013 at 19:52:00 GMT+7 delete

Halooo mbak Veronica...akhirnya kesampaian juga ya bikin puding telur ceplok-nya. Tinggal disesuaikan aja dengan bahan yang ada tetep jadi dan enak kan ya hihihihi.
Makasiih banget ya mbak udah mampir disini

Reply
avatar
Tuesday, 24 September 2013 at 06:00:00 GMT+7 delete

Asslm'kum bun.. aq mo bikin bwt rencana arisan, agar2 bubuk putih nya yg kemasan 7 gr atau 9 gr? izin share resepnya d'blog q yah (source d'cantumin).. makacii^^

Reply
avatar
Tuesday, 24 September 2013 at 07:28:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam. Monggo silahkan mbak. SAya pakai yang 7 gr

Reply
avatar
Thursday, 26 September 2013 at 14:24:00 GMT+7 delete

Oww, brarti mmg lembut pudingnya yah cocok d'sendokin, makasiy izinny mba...

Reply
avatar
Rahmah Monasfaly
Tuesday, 12 August 2014 at 16:19:00 GMT+7 delete

Salam kenal bunda, mohon ijin copas resep Puding Telor ceploknya ya bun... kebetulan mau ada acara halbil di TK anakku ala potluck party gitu..niatnya mau buatin ini buat anak2 pasti bakalan seru liat ekspresi mreka... hehehe makasih sebelumnya ya

Reply
avatar
Wednesday, 20 August 2014 at 22:55:00 GMT+7 delete

Salam kenal mbak Rahmah...terima kasih ya mbak sudah berkunjung ke blog saya dan berkenal mencoba. sukses yaa

Reply
avatar
Thursday, 9 October 2014 at 08:49:00 GMT+7 delete

Salam kenal Bunda Nina, saya sudah coba pudingnya.mantap,bny yg Tanya itu habisin telur berapa?hihihi...di daerah Kediri kampung belum ngetrend pudding ini,Jadi pada penasaran.Bunda di Kediri kota ya?
Oiya, beberapa resep sudah saya coba juga.makasih resepnya,semoga Bunda dan keluarga sehat dan sukses selalu.

Reply
avatar
Thursday, 27 November 2014 at 09:13:00 GMT+7 delete

mbak nina mau nanya ini tekstur putih nya ga sekenyal yang kuning ya?tujuan pake wcc apa ya mbak?kalau di skip boleh ga trs pengaruh nya apa?terima kasih

Reply
avatar
Wednesday, 3 December 2014 at 20:29:00 GMT+7 delete

yang putih tentu tidak sekenyal yang kuning karena tidak memakai jelly bubuk, hanya agar-agar biasa. Silahkan resep bisa memakai resep yang sesuai dengan selera aja kok.
WCC bisa diskip, tambahkan gulanya

Reply
avatar
Anonymous
Saturday, 14 March 2015 at 22:28:00 GMT+7 delete

satu resep ini jd berapa bh y mbk..suwun

Reply
avatar
Wednesday, 18 March 2015 at 07:56:00 GMT+7 delete

maaf mbak saya lupa jadi berapa banyak, karena ini udah lama banget bikinnya, lagian tergantung juga dengan cetakan yang kita pakai kan.

Reply
avatar
Friday, 26 June 2015 at 06:25:00 GMT+7 delete

silahkan sesuai selera aja mbak Sasha

Reply
avatar
Friday, 4 September 2015 at 08:44:00 GMT+7 delete

Mba ini jadinya berapa pudding ya kalau ngikutin cetakan talamnya, mau buat oyatsu pengajian anak2 disini. Terimakasih sebelumnya

Reply
avatar
Wednesday, 7 June 2017 at 08:12:00 GMT+7 delete

Mbk ini pudingnya kalau disimpan di kulkas sampe 3 hari awet ndk?? Apa warna kuningnya tidak melunturi warna putihnya???

Reply
avatar