PUDING TELUR CEPLOK


Ikutan kena virus puding telur ceplok (PTC) yang lagi mewabah di grup dan FB. Pertama liat langsung pengen bikin, kebayang aja kalau anak-anak bakal ketawa geli liat penampilan puding ini. Emang lucu banget ya dan mirip dengan telur ceplok beneran. Bener aja deh, kakak dan adek semangat banget bantuin Bundanya bikin puding ini. Berebutan menyiapkan mika dan puding kuningnya sambil sesekali masuk ke mulut mereka hihihihi, lucuuu banget.

Resepnya bisa memakai resep puding andalan masing-masing ya. Kalau resep asli dari mbak Retno, untuk kuning telurnya memakai labu kuning. Ada juga yang memakai mangga ataupun jeruk segar. Karena aku gak punya buah-buahan selain semangka, jadinya aku gak pakai campuran buah deh di kuning telurnya. Kalau maksa pakai semangka kan jadinya bukan kuning telur, tapi merah telur heuheuheu >.<




Berikut ini resep yang kupakai. Silahkan dimodif lagi sesuai selera ya. Kebetulan aku kurang suka manis, jadi pudingnya kubuat tidak terlalu manis. 

PUDING TELUR CEPLOK

Bahan Puding Kuning :
1 bungkus jelly rasa jeruk (aku pakai Nutrijell)
8 sdm gula pasir (kurleb 90 gr) atau sesuai selera
1 sachet susu kental manis putih 
700 ml air
1 bungkus minuman serbuk jeruk (aku pakai Nutrisari)

Cara Membuat Puding Kuning :
- Siapkan cetakan talam / kue mangkok yang kecil, basahi dengan air. Sisihkan.
- Campur jelly bubuk dan gula pasir, aduk rata. 
- Tuang air dan susu kental manis. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api.
- Biarkan uap panasnya hilang, masukkan serbuk jeruk. Aduk rata.
- Tuang di cetakan talam hingga 1/3 tinggi. Dinginkan dan biarkan set di kulkas.

Bahan Puding Putih :
1 bungkus agar-agar plain
3-4 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
2 sachet susu kental manis putih
800 ml air
50 gr coklat masak putih (white cooking chocolate)
1 sdt vanilla

Cara Membuat Puding Putih :
- Tim coklat masak putih hingga meleleh. Sisihkan.

- Campur agar-agar, vanilla dan gula pasir, aduk rata.
- Tambahkan air dan susu kental manis. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api.
- Tuang coklat masak putih leleh, aduk rata.

Penyelesaian :
- Siapkan mika bulat (bisa juga pakai yang kotak ya), letakkan puding kuning di tengah mika dengan posisi bagian bawah diletakkan di atas (dibalik ya).
- Perlahan-lahan tuangkan adonan puding putih di sekeliling puding kuning. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menetes pada puding kuning. Lakukan hingga habis.
- Dinginkan kemudian bekukan di kulkas hingga set.






Lucuuuu ya pudingnya, mirip telur ceplok beneran. Kata kakak Naira yuuuk dimakan pakai nasi hihihi. 

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==