ORANGE BREAD BUTTER PUDDING



I love bread pudding. Kalau sebagian orang membuat bread butter pudding (BBP) dalam rangka memperdayakan sisa roti tawar, aku malah sebaliknya. Seringkali diniatin beli roti tawar hanya untuk membuat bread butter pudding. Kebetulan masih ada sisa fresh cream alias whipcream cair yang harus segera digunakan, masih ada juga beberapa kaleng jeruk mandarin. Hmmm...bahan-bahan buat bread butter pudding udah lengkap, kecuali roti tawarnya kagak punya hihihi. Akhirnya...beli deh roti tawar di supermarket dan siap uprek di dapur. Kita bikin bread butter pudding dengan varian jeruk yuuk.




ORANGE BREAD BUTTER PUDDING


Bahan :
8-10 slice (1 bungkus) roti tawar berkulit
5 sdm butter, lelehkan.
200 ml susu cair
450 ml fresh cream / whipcream cair
50-100 ml jus jeruk (aku pakai air dalam kaleng jeruk mandarin)
75 gr gula pasir
4 butir telur
4 kuning telur
200 gr jeruk mandarin kaleng (1/2 kaleng)

Topping :
jeruk mandarin kaleng (sisa setelah dibuat isian)
cherry merah kering secukupnya
kayu manis bubuk secukupnya

Cara Membuat :
- Siapkan pinggan tahan panas, oles tipis dengan margarin atau bisa juga memakai aluminium foil.
- Olesi kedua permukaan roti tawar dengan butter leleh, kemudian sobek-sobek.
- Tata sebagian dari roti di atas pinggan, beri jeruk mandarin kaleng dan tutup kembali dengan sisa roti tawar.
- Campur susu cair, fresh cream, air jeruk, gula pasir dan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk rata hingga gula larut kemudian saring.
- Tuang campuran susu ke atas roti, biarkan sebentar hingga meresap.
- Taburi topping jeruk mandarin kaleng, cherry merah dan taburi kayu manis bubuk.
- Panaskan oven 160'C, panggang dengan cara au bain marie / steam bake (dipanggang di atas loyang yang berisi air) hingga setengah matang (kurleb 20 menit).
- Kecilkan api hingga 140'C dan panggang kembali selama kurang lebih 20 menit. Angkat.
- Siap disajikan hangat atau dingin.

Notes :
- Bila tidak ada whipcream cair bisa menggunakan whipcream bubuk yang dicampur dengan air ya. Ikuti petunjuk dalam kemasan whipcream bubuk.
- Bila tidak ada butter, bisa juga menggunakan margarin yang dilelehkan. Nanti namanya cukup bread pudding aja yaa ^_^
- Bisa juga dibuat dengan cara dikukus.
- Bread butter pudding yang sudah matang, bisa dilihat apabila roti terlihat mengembang, cairan susu terlihat set tapi masih dalam keadaan basah. Nanti setelah diangkat akan lebih set lagi.





Sebenarnya bread butter pudding termasuk dalam kategori hot dessert yang biasanya dinikmati dalam keadaan hangat. Tapi pada kenyataannya banyak pula yang suka menikmatinya dalam keadaan dingin. Kalau aku sih suka baik hangat maupun dingin, sama enaknya menurutku heheheh.
Teksturnya yang lembut disukai oleh anak-anakku. Apalagi aroma jeruknya cukup terasa walau tidak memakai essens jeruk sama sekali. Untuk varian bread pudding yang lain  bisa dilihat disini. Silahkan divariasikan sesuai selera keluarga.




I submit my Orange Bread Butter Pudding for Dapur Aisyah in June. Tema pada bulan Juni ini adalah menu Ramadhan (sahur dan berbuka) dan menu Lebaran. Menurutku bread butter pudding dengan berbagai varian cocok sekali untuk takjil menu berbuka puasa.
Happy Baking ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »