KAREDOK (REPOST)



Bikin karedok lagi yuuuk. Menurut Oom Wikipedia, karedok yang disebut juga sebagai salah satu salad khas Indonesia adalah sayuran mentah yang diberi siraman bumbu kacang. Sayuran yang dipakai biasanya adalah kacang panjang, kol, tauge, ketimun, terong bulat dan juga kemangi. Karena menggunakan sayuran mentah yang segar, maka kandungan gizi dari sayuran tersebut masih lengkap dan padat. 
Menurut beberapa sumber yang pernah kubaca, karedok sebenarnya ada 2 versi, yaitu versi Betawi  dan juga versi Sunda. Perbedaannya ada pada bumbu siramannya. Karedok versi Betawi menggunakan bumbu kacang seperti gado-gado, namun dalam bumbu tersebut ditambahkan perasan air jeruk limau. Hmmm....kebayang enaknya euy. Sedangkan karedok versi Sunda menggunakan oncom yang dihaluskan. Kalau yang ini aku belum pernah mencobanya. Selama ini aku kira karedok hanya memakai bumbu kacang aja. Mohon koreksi dan masukannya yaaa...

Resep karedok dulu sudah pernah aku posting disini. Berikut aku tuliskan lagi di bawah ya. Setelah selesai acara jepret-jepret dan karedoknya disantap, baru ingat kalau lupa naruh krupuk di piring sajinya hadeeeh. Mau foto-foto lagi udah males euy. Kalau mau bikin karedok, jangan lupa tambahkan krupuk saat menyantapnya ya.



KAREDOK

Bahan (sesuaikan dengan kebutuhan) :
10 batang kacang panjang, potong 1/2 cm
1/2 kuntum kol, iris kasar
5 buah terong bulat, potong dadu kecil
1 buah mentimun, potong dadu kecil
2 genggam tauge
daun kemangi secukupnya (skip, lagi gak punya)

Bumbu Kacang :
100 gr kacang tanah, goreng dan haluskan
3 siung bawang putih
5 cabe rawit (atau sesuai selera)
2 ruas kencur
1/4 sdt terasi
1-2 sdm gula merah, sisir 
1 sdt garam
air secukupnya
1 sdm air jeruk limau

Cara Membuat :
- Goreng sebentar bawang putih, cabe dan kencur kemudian uleg dengan menambahkan terasi, gula merah dan garam.
- Tambahkan kacang tanah, uleg hingga halus.
- Tuang air sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan, kemudian tambahkan air jeruk limau. Aduk rata.
- Tata sayuran di piring saji kemudian siram bumbu kacang di atasnya.
- Hidangkan karedok dengan krupuk.





Seger banget, sayurannya yang mentah dan segar dipadukan dengan bumbu kacang yang pedas. Ketika menyantapnya, sayurannya masih terasa kriuk-kriuknya, makin pas dan bertambah kriuk jika disajikan dengan krupuk heuheuheu ^_^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Friday, 23 August 2013 at 15:31:00 GMT+7 delete

Mbak Nina.. cantik banget foto2nya. Ijin ngintip n praktek buat menu besok ya mb. Kebayang segar n crunchy sayurannya :D
Salam sukses mb. Nina...

Reply
avatar
Monday, 26 August 2013 at 23:45:00 GMT+7 delete

Terima kasih Dave Gracia...sukses juga untukmu yaaa

Reply
avatar