DORANG BAKAR



Menu beberapa hari yang lalu. Simpel banget sih dan siapapun pasti bisa membuatnya di rumah. Semoga postingan sederhana ini bisa menginspirasi buat yang suka bingung mau masak apa (aku bangeet hehehehe). Pas ke pasar liat ada ikan dorang ini, langsung dibeli deh. Biasanya kalau ada ikan dorang, aku mengolahnya dengan digoreng aja. Dinikmati dengan sambel terasi, lalapan dan sayur asem....yummy banget. Entah kenapa ya, kok kali ini ikan dorangnya malah dibakar. Ide dari mana euy, biasanya yang dibakar kan ikan gurame hihihihi. Tapi ternyata enak juga ya kalau dibakar. Aromanya aja udah bikin laper.

Resep asli aku lihat disini dan dimodifikasi lagi sesuai selera keluarga. Yuuuk bikin ikan bakar

DORANG BAKAR

Bahan :
1 kg ikan dorang ukuran sedang, kerat-kerat
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
1 sdt air asam jawa
5 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
4 cabe merah besar
2 cabe rawit
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
1 sdt garam
1 ruas jahe

Cara Membuat :
- Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan 15-30 menit.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan air asam jawa dan aduk rata.
- Matikan api, tambahkan dengan kecap manis. Aduk rata.
- Olesi ikan dengan bumbu kemudian bakar sambil sesekali dioles bumbu kembali. Bakar hingga matang.
- Angkat dan sajikan dengan lalapan dan sambal.

Sambalnya bisa memakai sambal kecap, enak juga memakai sambal terasi. Seperti biasa kalau menu seperti ini, jodohnya yang paling pas menurutku adalah sayur asem dan tentu aja tempe goreng. Enaaak....
Happy Cooking ^_^





Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Anonymous
Friday, 7 November 2014 at 09:25:00 GMT+7 delete

mbk, dpt property cangkir & piring seng di mana?

Reply
avatar
Friday, 16 October 2015 at 13:13:00 GMT+7 delete

Bakar nya pake apa mba? Dia atas kompor bisa ga? Apa hasilnya akan beda?

Reply
avatar