CAKE PANDAN



Suka banget dengan aroma-aroma pandan. Apakah itu cake pandan kukus, browkus pandan, roll cake pandan, kue lumpur pandan bahkan roti pandan. Pokoknya....pandan emang enaak. Mamaku juga suka banget dengan aroma pandan, jadi kalau aku bikin cake atau apapun itu yang bernuansa pandan, pasti ada kiriman spesial buat beliau. 

Postingan kali ini adalah cake pandan yang dipanggang. Resep ini benar-benar jadi andalan jualanku lho. Banyak yang suka dengan tekstur cakenya yang lembut dan tidak seret pastinya. Semoga saja bisa dicontek dan bisa dijual juga heheheh. Original recipe punya Ricke seperti yang dulu pernah disharing di FB-nya. Resep yang kutulis di bawah ini adalah 1/2 dari resep asli karena aku memakai loyang tulban diameter 20 cm.

CAKE PANDAN

Bahan :
4 telur utuh ukuran sedang
2 kuning telur
110 gula pasir (bisa ditambah hingga 120 kalau suka manis)
1 sdt cake emulsifier (optional)
1/8 sdt garam
100 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
10 gr susu bubuk full cream
1/4 sdt baking powder 
75 gr butter / margarin lelehkan (aku mix butter dan margarin)
1 sdm pasta pandan

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Olesi loyang tulban diameter 20 cm dengan margarin dan ditabur tipis dengan terigu. Sisihkan.
- Kocok telur, gula, emulsifier dan garam hingga mengembang, pucat dan kental berjejak.
- Masukkan terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder dengan cara diayak sambil diaduk dengan spatula atau dengan mixer kecepatan rendah.
- Masukkan butter / margarin leleh dan pasta pandan. Aduk balik hingga rata menggunakan spatula.
- Tuang ke dalam loyang dan oven hingga matang. Lakukan tes tusuk dan tes sentuh ya.
- Setelah matang, segera keluarkan dari loyang. Dinginkan dan potong-potong sesuai selera.



Sedikit cerita, cake pandan ini kubuat minggu lalu saat Adek demam. Suhu tubuhnya yang tinggi membuatnya lemas dan gak mau makan. Aku sempatkan membuat cake pandan yang lembut ini, siapa tau Adek mau. Ternyata lumayan juga, disuapin habis 1/2 potong. Sorenya....saat suhu tubuh Adek masih turun naik, giliran aku yang kena deman hiiiiks. Mungkin aja selama ini capeknya gak kurasa ya, jadinya tau-tau tepar aja. Untungnya aja sebelum sakit masih sempat bikin kue ya, jadi biar lemes dan gak doyan makan nasi, masih ada cake pandan yang bisa kumakan heuheuheu. Alhamdulillah esok harinya kondisi Adek sudah membaik, demamnya sudah pergi dan dia bisa ceria kembali ^_^

Kembali ke cake pandan....yuk dicobain bikin. Beneran enak lho, lembut dan pastinya harum pandannya terasa banget. Untuk pandan lover it's worth to try...



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==