SIOMAY AYAM WORTEL



Sebenarnya gak ada niat untuk bikin siomay, maksud hati pengennya bikin pangsit atau bikin lumpia vietnam. Tapi pas buka kulkas dan liat spring roll di freezer, langsung deh berubah haluan. Bikin siomay ayam wortel aja yuk. Kenapa bikin siomay ayam wortel? Ya karena yang bahan-bahannya ready di kulkas ya cuma itu hihihih. Kalau mau bikin siomay dengan bahan dasar ikan, berarti harus keluar rumah dulu untuk belanja. Takutnya sih malah ntar malah mood-nya keburu ilang ya (alasaaan). Jadi harap maklum ya kalau lagi-lagi olahan ayam dan wortel ^_^

Bikin siomay ayam wortel ala dapurku, asli gampang banget. Tinggal aduk-aduk, tuang dan kukus langsung beres deh. Karena sering dalam edisi malas untuk yang kesekian kalinya, biasanya tuh kalau bikin siomay suka males bikin bumbu kacangnya. Demikian juga dengan nasib siomay ayam wortelku kali ini, gak usah pakai bumbu kacang ya hihihi. Asli maksa banget deh, tapi tentunya tetap enak donk. Setidaknya itu menurut selera keluargaku. Sebagai gantinya, aku pakai sambal bangkok aja sebagai cocolan untuk menikmati siomay. Untuk yang mau versi komplit, monggo bisa dibuat juga bumbu kacangnya dengan ditambah pelengkap misalnya telur rebus, kentang rebus, tahu atau bahkan pare rebus. Resep bumbu kacang dulu sudah pernah kuposting disini ya. Kali ini aku memakai spring roll atau kulit lumpia, jadi rasa kulitnya lebih lembut, dibandingkan bila memakai kulit pangsit. Anggap aja makan dimsum wannabe ya :D

SIOMAY AYAM WORTEL

Bahan :
200 gr fillet ayam, giling halus
(aku giling dengan sedikit air menggunakan blender)
3 buah wortel ukuran sedang, potong dadu kecil
5 sdm tepung kanji / sagu
(bisa ditambahkan bila suka yang lebih padat atau kenyal)
1 butir telur, kocok lepas
1 batang daun bawang, iris halus
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm kecap asin
1 sdt minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
10 lembar kulit lumpia 
(aku pakai ukuran kecil 12x12 cm)

Taburan (optional) :
1 buah wortel, serut halus

Cara Membuat :
- Panaskan kukusan hingga beruap banyak.
- Siapkan cetakan, oles tipis dengan minyak (aku memakai cetakan cup cake, bisa juga memakai cetakan plastik bolu kukus).
- Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga rata.
- Tata kulit lumpia di cetakan, tuang adonan secukupnya dan beri taburan. Lakukan hingga semua habis.
- Kukus hingga matang selama kurang lebih 25 menit.
- Angkat dan sajikan hangat dengan saus sambal atau bumbu kacang.





Nah...kalau sudah gini, ambil sumpit dan cocol siomay dengan sambal bangkok, anggap aja makan dimsum ya xixixixi. Enak lhooo... Next time bikin siomay udang lagi yuk atau siomay tenggiri atau bahkan siomay jamur. 



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==