NUGGET AYAM WORTEL



Umumnya anak-anak pasti suka nugget ya? Begitu pula dengan anak-anakku, paling doyan dengan yang namanya nugget. Kalau ada stok nugget di rumah, biasanya bisa jadi cemilan juga selain dinikmati dengan nasi putih dan saus. Karena itu lah, aku sering menyempatkan diri untuk membuat homemade nugget. Dengan bahan-bahan yang kita pilih dan olah sendiri, tentunya lebih sehat buat anak-anak karena tidak memakai pengawet dan juga penyedap.

Bikin nugget itu sebenarnya mudah kok dan juga bisa divariasikan sesuai selera. Seperti kali ini aku membuat nugget ayam wortel dengan tambahan keju parut di dalamnya. Ntar ya lain kali mau bikin juga nugget ayam brokoli. Habisin stok ini dulu  ^_^
Resep nugget yang kupakai ini adalah resep dari Pak Wied Harry dengan sedikit modifikasi sesuai bahan yang ada. Monggo yang mau nyobain yaa

NUGGET AYAM WORTEL

Bahan :
250 gr daging ayam cincang 
3 lembar roti tawar tanpa kulit
100 ml susu (bisa juga pakai air kaldu)
2 siung bawang putih, cincang halus
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
50 gr wortel parut halus
30 gr keju cheddar parut halus
1 butir telur
3/4-1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Bahan pelapis :
tepung terigu secukupnya
putih telur secukupnya
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
- Panaskan kukusan.
- Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Angkat dan sisihkan.
- Blender roti tawar, susu dan tumisan bawang hingga halus (bisa juga diaduk biasa hingga halus).
- Masukkan ayam cincang ke dalam campuran susu, kemudian masukkan telur. Aduk hingga rata.
- Masukkan wortel dan keju parut, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica.
- Tuang adonan ke dalam loyang atau pinggan tahan panas yang sudah dioles minyak atau margarin tipis-tipis. Bisa juga dialasi, plastik, daun pisang atau alumunium foil. Ratakan.
- Kukus selama kurang lebih 30 menit. Lakukan test tusuk ya. Apabila sudah tidak ada yang menempel, matikan api.
- Dinginkan di suhu ruang kemudian masukkan chiller agar set selama kurang lebih 4 jam.
- Potong-potong sesuai selera. Kalau aku cukup dipotong bentuk stik dan kotak aja :D
- Celupkan potongan nugget ke terigu -kocokan putih telur - tepung panir. Ulangi proses ini bila ingin lapisan yang tebal.
- Masukkan potongan-potongan nugget ke dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam freezer.
- Siap digoreng sesaat sebelum dimakan




Anak-anakku jelas suka banget. Nugget ini juga yang jadi cemilan mereka di saat Bundanya lagi males bikin cemilan :) Kata kakak Naira...enak nugget bikin sendiri ya Nda dan lebih sehat. Uhuuuy...Bundanya seneng banget dengernya. Alhamdulillah... Kalau adik sih no comment, yang penting mah dia tetap kebagian nugget-nya ^_^




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

16 komentar

komentar
Tuesday, 17 December 2013 at 15:07:00 GMT+7 delete

Mbak, aku udah nyoba resepnya, enakkk. Makasih lho sharing resepnya. Ijin copas ya.
Salam kenal :-)

Reply
avatar
Tuesday, 17 December 2013 at 21:45:00 GMT+7 delete

Salam kenal mbak Ella. Terima kasih review-nya ya mbak ..Alhamdulilah kalau berkenan dengan resepnya.

Reply
avatar
Thursday, 10 April 2014 at 09:35:00 GMT+7 delete

Bunda, resep nuggetnya udah saya coba. Rsepnya saya tambahin oregano jd tambah harum. Enak dan cocok untuk anak saya yg belum pny gigi di umur 14 bulan tp udah digigit2 pake gusinya tanpa dilepeh :). Oya apa Buda punya pengalaman buat rolade daging? Pengen coba buat kira2 bisa tidak ya utk anak yg blm pny gigi? Tks

Reply
avatar
Thursday, 10 April 2014 at 22:38:00 GMT+7 delete

bisa mbak Arimbi, rolade daging biasanya justru lebih lembut dibandingkan dengan nugget. Mungkin bisa dicoba mbak

Reply
avatar
Saturday, 24 May 2014 at 13:35:00 GMT+7 delete

wah, pengen bikin ini. makasih udah di-share resepnya mbak?

Reply
avatar
Tuesday, 27 May 2014 at 22:12:00 GMT+7 delete

sama-sama mbak. Silahkan dicoba ya ^_^

Reply
avatar
Thursday, 31 July 2014 at 12:31:00 GMT+7 delete

wah asik, bahan2nya mudah didapat, terima kasih mba sudah share resepnya.. nanti klo ada roti tawar masih sisa banyak aku mau bikin aah..

Reply
avatar
Monday, 11 August 2014 at 21:33:00 GMT+7 delete

selamat mencoba ya mbak Arini, semoga sesuai selera keluarga

Reply
avatar
Monday, 27 October 2014 at 21:55:00 GMT+7 delete

Salam kenal mbak Nina.. tadi siang saya sudah coba bikin nuggetnya.. request dari adekku pengen nugget ktnya... ya udh kmrn aq beliin bahan2nya. Setelah jadi trs di icip icip sm si adek, wollaaa.. enak banget katanya.. besok mau bwa kesekolah mau kasih icip juga ke temen2nya..:D Terima kasih mbak Nina buat resepnya..:*

Reply
avatar
Monday, 27 October 2014 at 23:00:00 GMT+7 delete

Alhamdulillah....senang sekali mendengarnya mbak Novi. Salam kenal ya mbak, terima kasih sudah berkenan mencoba resep di blog saya ^^

Reply
avatar
Thursday, 26 March 2015 at 21:58:00 GMT+7 delete

Bunda nina, mau tanya. Maksimal lama penyimpanan di freezer sampe brp hari? Biar aku bisa ngira2 bikinnya. Maklum baru berduaan di rumah. Kan mubazir kl basi. Hehehehe


Thx b4 atas sharingnya :)

Reply
avatar
Wednesday, 1 April 2015 at 08:04:00 GMT+7 delete

saya sampai 2 minggu gpp mbak, selebihnya belum pernah nyoba

Reply
avatar
Saturday, 4 April 2015 at 08:38:00 GMT+7 delete

Roti tawar bisa diganti dg tepung panir mbak? Kira 2 kalau diganti bisa pake brp sdm ya?

Reply
avatar
Anonymous
Monday, 23 November 2015 at 21:18:00 GMT+7 delete

Mbak, mau nanya. Kalo gak ada jual ayam cincang atau ayam fillet disini, apa bisa diganti pake ayam biasa? Trus caranya supaya halus gimana ya mbak? Apa bisa di blender? Thanks mbak

Reply
avatar
Tuesday, 24 November 2015 at 14:08:00 GMT+7 delete

Saya juga pake ayam biasa, difillet dan dicincang sendiri. Biar halus saya pakai food processor. Bisa pake blender, tapi dikit2 aja blendernya ya

Reply
avatar
Tuesday, 24 November 2015 at 14:08:00 GMT+7 delete

Saya juga pake ayam biasa, difillet dan dicincang sendiri. Biar halus saya pakai food processor. Bisa pake blender, tapi dikit2 aja blendernya ya

Reply
avatar