MARMER CAKE JADUL (BMS #2)



Event BKR yang kedua, temanya adalah Marmer Cake Jadul dengan memakai resep Pak Sahak Pribadi. Asyiiiik....udah beberapa kali bikin marmer cake memakai resep ini dan selalu cocok dengan rasanya. Teksturnya padat namun lembut dan tidak seret. Mau lebih enak, tentunya bisa memakai butter. Kalau aku tetap memakai kombinasi antara margarin dan butter. Wanginya saat keluar dari oven...hmmmm.
Sesuai dengan namanya yaitu marmer cake jadul, tiap kali bikin ini selalu ingat jaman masih kecil dulu. Mama juga suka bikin cake ini dengan memakai baking pan yang guedee. Tapi sampai sekarang, aku malah belum pernah bikin marmer cake memakai resep yang biasa dipakai Mama dulu .

Resepnya dulu juga sudah pernah aku posting ya. Tapi mumpung lagi rajin, jadi resep aku tulis ulang ya. Resep asli memakai 10 telur untuk loyang tulban diameter 28 cm, sedangnkan aku hanya membuat 1/2 resep untuk loyang tulban 20 cm.



MARMER CAKE JADUL

Bahan :
5 butir telur
150 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
130 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
100 gr margarin + butter, lelehkan
50 gr minyak sayur
1 sdm pasta coklat / pasta black forest

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, olesi loyang tulban dengan margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
- Kocok bersamaan campuran tepung bersama telur, emulsifier dan gula hingga mengembang (kurang lebih 10 menit, adonan akan mengental tapi tidak sampai kental berjejak seperti halnya membuat spongecake).
- Tuang campuran margarin + butter dan minyak sayur, aduk balik hingga tercampur rata.
- Ambil 5 sdm adonan, beri pasta coklat, aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang, tuang adonan coklat di atasnya dan buat motif marmer dengan menggunakan garpu atau sumpit atau tusuk sate.
- Panggang selama kurang lebih 30-45 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
- Angkat dan langsung keluarkan cake dari loyang agar cake tidak menciut.

Kalau ingin warna coklatnya lebih pekat lagi, bisa memakai coklat bubuk yang dilarutkan dengan sedikit air hangat kemudian diaduk hingga menyerupai pasta. Rasanya juga lebih enak dibanding memakai pasta. Kalau aku mah karena cari praktisnya aja dan malas ngeluarin coklat bubuk (teteeuup malesnya >.<) hihihi.
Selamat mencoba....happy baking.






Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »