FIRST TRIAL DADAR GULUNG MAWAR



Akhirnyaaa...virus dadar gulung (darlung) mawar sampai juga di dapurku. Kalau biasanya kita jumpai darlung dengan bentuk lipatan memanjang, kali ini ada variasi baru yang sangat menarik. Kebetulan di grup BKR lagi rame nih tentang darlung mawar dan pengen ikutan bikin juga. Padahal asli deh...sebenarnya aku sama sekali gak telaten untuk bikin kue yang dibentuk-bentuk seperti ini. Kebanyakan hancurnya kalau aku yang bikin...hiiiks. Dan bener aja ya, gara-gara liat foto yang sekilas, darlung mawarku ini gak karuan bentuknya. Harusnya adonan warna hijau lebih turun ke bawah lagi, tapi ini malah menutupi bagian yang berwarna merah yang 'maksudnya' adalah bunga mawar. Haduuuh >.<

Tapi gak apa deh, namanya juga percobaan pertama. Pastinya nanti masih ada percobaan kedua deh, soalnya aku masih punya inti kelapanya hehehehe. Smoga next time better ya...Biarpun hasilnya masih jauh dari kata cantik, tapi tetap aku sharing langkah pembuatan darlung mawar ini ya. Mumpung tadi masih sempat jepret-jepret beberapa foto step by step-nya. Ntar kalau bikin lagi, belum tentu sempet heheheh. 
Resep darlung mawar ini hasil nanya Mamaku dan untuk inti kelapanya, aku pakai kira-kira aja.




DADAR GULUNG MAWAR

Bahan Dadar :
250 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
600 ml air (bisa ditambahkan bila kurang encer)
1 sdm minyak goreng
1 sdt pasta pandan
1 sdt pasta strawberry

Cara Membuat Dadar :
- Campur tepung terigu dan garam, buat lubang di tengahnya, kemudian tuang telur. Aduk dengan menggunakan whisker.
- Tuang air sedikit demi sedikit, hentikan pemberian air bila dirasa sudah pas kekentalannya dan tambah air sedikit demi sedikit bila dirasa kurang encer.
- Saring adonan, kemudian masukkan minyak goreng. Aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian, kemudian beri pewarna atau pasta. Aduk rata
- Panaskan wajan dadar anti lengket, tuang 1 sendok sayur ke dalamnya. Masak hingga matang. Lakukan hingga habis.

Bahan Inti Kelapa :
1/2 butir kelapa parut memanjang
2 gelas air
150 gr gula merah, sisir halus
50 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat Inti Kelapa :
- Masak air bersama gula merah, gula pasir dan garam hingga mendidih dan gula larut.
- Masukkan kelapa parut. Aduk terus hingga air habis (teksur kelapa tetap basah dan tidak kering).
- Siap digunakan.

Penyelesaian :


- Kerat 4 bagian dadar (jangan sampai terputus). Letakkan inti kelapa di tengahnya.


- Lipat salah satu sisi ke bagian tengah hingga membalut inti kelapa. Sebelumnya bagian tepi dadar bisa sedikit dilipat ke arah luar agar hasilnya lebih cantik.


- Lipat sisi yang berhadapan ke arah tengah.


- Lakukan hal yang sama pada 2 sisi lainnya.


- Siapkan dadar berwarna hijau, kerat 4 bagian namun tidak terputus. Letakkan dadar berwarna merah di tengahnya.


- Lakukan langkah yang sama seperti sebelumnya. Naaah...pada langkah ini aku salah banget. Harusnya saat melipat dadar berwarna hijau ini lebih ke bawah, sehingga warna hijaunya tidak menutupi bagian merahnya. hiiiiks...


- Taraaa....seperti inilah jadinya ^_^





Takaran gula pada inti kelapa bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Kadang kala gula merah yang dipakai juga tidak sama kadar manisnya. Kebetulan tadi waktu bikin aku sudah cukup pas dengan takaran yang kupakai pada resep tersebut.
Naaah...ternyata darlung juga bisa tampil menarik ya. Kalau dijadikan isian snack box atau sebagai kudapan di piring, tentu bentuk mawar ini bisa lebih menarik perhatian. Bikinnya sebenarnya tidak sulit hanya membutuhkan ketelatenan. Semangaaat...semoga darlung mawar kedua-ku bisa lebih oke. ^_^





Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

komentar
Tuesday, 28 May 2013 at 00:21:00 GMT+7 delete

Cantiiik dadar gulung mawarnya, Mbak...telaten banget mbikinnya....fotonya beniing :)

Reply
avatar
Thursday, 30 May 2013 at 22:51:00 GMT+7 delete

Umm....masih berantakan nih, kok jadinya gak kaya mawar ya hihihihi. Aslinya aku gak telaten bikin model macem-macem gini Umm, gak heran kalau hasilnya kaya gini heheheh. Thanks ya Ummu

Reply
avatar
Friday, 31 May 2013 at 12:58:00 GMT+7 delete

Mbak Isna...hikkks maluuu *tutup muka pake serbet*. Ini judulnya mawarnya kedinginan mbak, jadi selimutan gitu hahahah

Reply
avatar
Sunday, 8 December 2013 at 14:10:00 GMT+7 delete

Mba nina....copas resepnya ya....mksh banyak...

Reply
avatar
Sunday, 5 January 2014 at 23:34:00 GMT+7 delete

Mbak Nina, ijin share resep dadar gulung mawar ya? terima kasih.

Reply
avatar
Tuesday, 7 January 2014 at 12:35:00 GMT+7 delete

silahkan mbak Maya hiiks...sambil tutup muka pake serbet nih, soalnya darlung-ku jelek nih hihihi

Reply
avatar
Tuesday, 4 February 2014 at 15:00:00 GMT+7 delete

Hai mb nina, salam kenal... Liat darlung mawarnya cantik banget..jd pengen nyoba nih. Bisa ga ya..?!

Reply
avatar
Tuesday, 4 February 2014 at 20:46:00 GMT+7 delete

Hai mbak salam kenal...dicobain yuuk. Pasti bisa deh

Reply
avatar
Monday, 29 September 2014 at 09:53:00 GMT+7 delete

lam kenal ya mb nina.thx dah share darlungnya. mg mengispirasi ibu2 spt daku. hehehe

Reply
avatar
Tuesday, 30 September 2014 at 23:30:00 GMT+7 delete

salam kenal mbak Juita
Terima kasih ya mbak

Reply
avatar