LUMPIA APEL (APPLE SPRING ROLL)



Kembali dalam edisi memanfaatkan kulit lumpia siap pakai ^_^  Kebetulan beberapa hari yang lalu pas lagi buka-buka kulkas baru inget kalau masih punya stok kulit lumpia, liat lagi rak bawah masih ada 4 buah apel manalagi, jadinya kepikir buat cemilan yang gampang dan cepat aja. Yups...lumpia apel. Namanya asli ngarang banget. Mau pakai judul fried apple pie kok ya gak cocok. Yang aku tau kalau apple pie yang digoreng bahan kulitnya beda lagi. Karena memang pakai kulit lumpia, ya udah lah pakai nama lumpia apel aja heuheuheueh.

Bikinnya asli gampang banget dan anti gagal. Selain itu juga bikinnya cepat dan habisnya juga cepat. Ini yang asyik kan soalnya berarti cocok dengan selera keluarga. Ya maklum aja ya, memang adanya cuma lumpia apel ini euy, gak ada alternatif cemilan lainnya, makanya cepat habis :D
Tapi beneran deh, menurutku ini enak banget. Kulit lumpia yang gurih dan renyah dipadukan dengan legitnya apel dengan aroma kayu manis yang khas. Yummeeh...Buat pecinta apple pie, gak ada salahnya dicoba bikin ya, karena bikin lumpia apel ini jauuh lebih cepat dan praktis dibanding bikin apple pie.

Resep bahan isiannya tetap memakai resep yang diadaptasi dari Joy of Baking. Dulu waktu posting tentang apple pie aku juga memakai resep isian yang sama.

LUMPIA APEL

Bahan :
10-15 lembar kulit lumpia siap pakai
1 sdm tepung terigu yang dilarutkan dengan sedikit air
(untuk perekat)
minyak goreng secukupnya

Bahan Isian :
4 buah apel (aku pakai apel manalagi)
1 sdt air jeruk nipis
75 gr gula pasir
2 sdm gula palem
1 sdt kayu manis bubuk (atau sesuai selera)
sejumput garam
1 sdm maizena / terigu

Cara Membuat :
- Kupas dan iris tipis apel, campurkan dengan air jeruk nipis. Aduk rata.
- Tambahkan gula pasir, gula palem, kayu manis bubuk dan garam. Aduk rata.
- Simpan dalam lemari es minimal selama 30 menit hingga apel berair.
- Keluarkan dari lemari es, taburi dengan maizena. Aduk rata.
- Panaskan apel beserta airnya dengan api kecil hingga mengental dan apel agak lunak. Aduk-aduk.
- Angkat dan dinginkan.
- Ambil selembar kulit lumpia siap pakai, letakkan bahan isian dan lipat seperti amplop sambil dipadatkan (atau bisa juga dilipat sesuai selera ya). Rekatkan ujungnya dengan terigu yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Lakukan hingga habis.
- Panaskan minyak, goreng lumpia dengan api sedang hingga coklat keemasan.
- Angkat dan tiriskan.




Dinikmati hangat enak, dinikmati saat dingin juga tetap nikmat lho. Tetap renyah dan crunchy kulitnya. Di supermarket ada sih frozen apple pie. Pernah nyoba beli, menurutku rasanya biasa aja dan mahal banget >.<  Gak puas kan ya makannya, mana sekotak isinya cuma 3 biji hihihihi. Nah...kalau yang ini walau cuma pakai kulit lumpia, bisa puas deh maemnya. 



Sst...penampilannya memang jadi kurang menarik ya. Gak bisa mulus gitu karena ada warna coklat-coklat di kulitnya. Yaa...memang itu isiannya warnanya coklat sih. Biar penampilannya pas-pasan gitu, tapi menurutku layak untuk dicobain kok. Siapa tau bisa jadi salah satu cemilan favorit keluarga ^_^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
Monday, 11 April 2016 at 12:00:00 GMT+7 delete

assalamualaikum mba nina,perkenalkan saya dita mba...mau tanya untuk apelnya setelah didiamkan 30menit akan mengeluarkan air yang banyak atau tidak ya mba?trima ksh sebelumnya utk infonya...

Reply
avatar
Monday, 11 April 2016 at 12:02:00 GMT+7 delete

assalamualaikum mba nina,perkenalkan saya Dita...mau tanya mba utk isian pie apelnya,stlh didiamkan 30menit di kulkas apakah akan mengeluarkan banyak air atau tidak?terima kasih utk jawabannya mba...

Reply
avatar
Thursday, 14 April 2016 at 20:56:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam warahmatullah Dita, iya betul akan mengeluarkan air/ juice, itu yang bikin enaak lho

Reply
avatar