JUS TOMAT


Hayooo coba tengok di kulkas, ada buah tomat gak di dalamnya? Buah tomat ini selalu tersedia di kulkasku. Selain digunakan untuk keperluan memasak, tomat juga enak untuk dibuat jus atau dinikmati langsung. Sejak masih kecil dulu, aku suka sekali menikmati tomat potong dengan gula pasir atau tomatnya sedikit dihancurkan dan ditambahkan air serta gula pasir. Blender masih barang langka ya dulu hehehehe.

Sekarang ini tentunya bisa dengan mudah membuat jus tomat sendiri di rumah. Selain rasanya yang menyegarkan, tomat memiliki banyak khasiat yang berguna bagi tubuh. Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral dan zat fitonutrient. Pigmen buah tomat yang berwarna merah mengandung lycopene, yaitu zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Selain itu lycopene diketahui dapat mencegah kerusakan sel. Buah tomat juga mengandung antipiretik yang dapat menurunkan deman. Serat dalam buah tomat juga baik untuk pencernaan. Tomat juga berguna untuk kecantikan, karena dapat menyembuhkan jerawat, mengangkat kotoran pada kulit, mengurangi lemak pada wajah dan berperan dalam pembentukan kolagen.

Berikut ini adalah 10 manfaat dari buah tomat yang diambil dari Magforwomen
1. Kaya antioksidan.
 Tomat mengandung lycopene, yang dianggap sebagai salah satu antioksidan alami yang paling kuat. Zat ini melindungi kulit dari bahaya sinar ultra-violet, serta sel-sel tubuh dan organ.
2. Efektif melawan kanker.
 Likopen juga memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, yang berarti bahwa itu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan, dengan demikian, membantu tubuh dalam memerangi kanker.
3. Membantu untuk mengimbangi miokardium infark.
 Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jus tomat mengandung likopen dan bisa mencegah serangan jantung.
4. Membantu penyembuhan penyakit paru-paru
 Jus tomat sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita berbagai penyakit paru-paru seperti TBC, bronkitis dan asma. Jus tomat dapat membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.
5. Baik untuk penderita diabetes.
 Menurut hasil penelitian diketahui bahwa jus tomat dapat menghambat pembentukan bekuan darah, yang menurut para peneliti, adalah indikasi dari minuman yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.
6. Baik untuk janin.
 Vitamin C dan kalium dalam jus tomat sangat baik bagi wanita hamil karena minuman ini menyediakan nutrisi yang diperlukan untuk janin.
7. Mencegah sembelit.
 Jus tomat, bila dikombinasikan dengan jus bayam, tidak hanya mengaktifkan fungsi hati, tetapi bekerja seperti pencahar dan mencegah sembelit.
8. Sumber energi,
 Berkat kandungan kalium yang tinggi, jus tomat dapat membantu mengatasi kelelahan
9. Memperlancar proses pencernaan.
 Jus tomat dapat berfungsi sebagai pembuka yang efektif dalam membantu proses pencernaan.
10. Menjaga kesehatan.
 Buah tomat kaya akan vitamin A dan C yang dapat menghancurkan virus penyakit dalam aliran darah, sehingga menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. 




Nah....banyak banget kan manfaat yang bisa diambil dari buah tomat. Selain itu kita bisa dapat 'bonus' rasanya yang enak dan segar. Bikinnya tentu aja gampang banget. Tinggal menyiapkan blender, masukkan buah tomat yang sudah dipotong-potong, gula pasir sesuai selera, air es atau bisa juga memakai es serut. Blender hingga halus dan saring....siap dinikmati. Takarannya suka-suka aja ya. Misalnya saja tadi aku membuat jus dari 4 buah tomat, 2 gelas air es dan 1 sdm gula pasir. Alhamdulillah seger banget ^_^




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==