HOMEMADE FLOUR TORTILLA (LBT#24)



Tema LBT#24 kali ini adalah Homemade Flour Tortilla. Belum pernah bikin tortilla sendiri sebelumnya, jadi ini benar-benar pengalaman pertama buatku. Ternyata bikin tortilla itu cukup simple ya, bahan-bahannya juga mudah didapatkan dan tentunya bisa divariasikan dengan isian sesuai selera keluarga.

Tortilla dikenal sebagai roti pipih tanpa ragi yang bisa terbuat dari jagung giling, gandum ataupun tepung terigu. Tortilla dalam bahasa Spanyol berarti "torta kecil", atau "kue kecil. Tortilla merupakan salah satu makanan pelengkap masakan khas dari dataran Texas-Mexico ( TexMex ), khususnya untuk masakan khas tradisional Mexico.Di Texas – Mexico, Tortilla biasanya disiapkan dengan daging untuk membuat hidangan seperti Taco, burrito (hidangan yang berasal di Meksiko utara), dan Enchilada. Selain itu dapat di buat Tortilla Soup, Tortilla Wrap, Fajitas dan masih banyak lagi macamnya. Tortilla mirip dengan roti chapati dari Asia Selatan, roti tak beragi populer di Arab, Mediterania timur, Cina dan Eropa. Tentunya dengan sebutan yang berbeda dari setiap negara tersebut. (source : doc. LBT)

Untuk membuat homemade flour tortilla kali ini, aku memakai resep dari The Pioneer Woman. Berikut ini adalah resep yang sudah dikonversi dalam ukuran gram dan dengan sedikit modifikasi dariku.

HOMEMADE FLOUR TORTILLA

Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
2 sdt baking powder
1 sdt garam
140 gr shortening / mentega putih (bisa juga pakai margarin)
240 ml air panas

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campurkan tepung terigu, baking powder, garam dan shortening.
- Aduk dengan menggunakan pisau pastry (bisa juga dengan garpu) hingga adonan berbulir-bulir.
- Buat lubang di tengah adonan, tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk.
- Uleni adonan sebentar (kurleb 5 menit) hingga adonan halus dan istirahatkan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutup lap bersih.
- Setelah 30 menit, bagi adonan (aku timbang @ 50gr) kemudian dibulatkan dan istirahatkan kembali selama 15 menit.
- Gilas adonan dengan rolling pin hingga tipis kemudian masak di atas wajan datar anti lengket yang sudah dipanaskan. 
- Bolak balik tortilla hingga matang.
- Angkat dan siap digunakan.

Note :
- Setelah dingin, tortilla akan menjadi lentur sehingga bisa dilipat atau digulung
- Apabila saat menggilas terlalu tebal / kurang tipis, maka tortilla tidak akan menggelembung ketika dimasak.
- Jangan memasak terlalu lama karena tortilla akan menjadi terlalu crispy.
- Apabila shortening diganti dengan margarin, maka akan ada perbedaan warna tortilla ya. Selain dengan shortening atau margarin, bisa juga memakai minyak sayur.

Berikut ini beberapa foto step by step pembuatan tortilla yang sempat difoto ya. Maaf kalau fotonya kurang jelas, karena bikinnya tengah malem lho ini (niaaat banget)



Tortilla mudah dikreasikan dengan berbagai macam isian. Tadinya sih niat banget pengen bikin tortilla dengan isian fruit salad. Hmmm...kebayang segarnya. Ternyata...oh ternyata...udah gak sempat lagi keluar untuk beli buah, karena hujan sepanjang sore. Karena di rumah masih punya fettuccini dan saus bolognese homemade jadi diperdayakan aja ya. Jadinya...hasil mengarang indah ini Homemade Flour Tortilla vs Fettuccine Bolognese. Hihihii...dilarang protes yaaa...namanya juga jurus kepepet nih.



Bikinnya tentu aja simple banget, soalnya kalau gak simple aku gak bisa >.<  Cukup siapkan fetticcini yang sudah direbus, saus bolognese homemade (beli jadi juga boleh), keju cheddar parut dan selada. Tinggal susun aja di kulit tortilla, lipat dan jadi deh. Alhamdulilah...tortilla-nya ludes tak tersisa, bahkan ada yang langsung dimakan tanpa isian. 

Thanks for the challenge LBT ^_^





close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==