GULAI DAUN SINGKONG



Lagi pengen banget gulai daun singkong, eh...ada yang ngasih seplastik daun singkong. Pas banget ya. Alhamdulillah. Sekedari cerita...dulu waktu hamil anak kedua, aku suka banget makan gulai daun singkong ini. Sering makan tapi kok ya gak bosen-bosen. Sampai ada yang ngingetin untuk gak terlalu banyak makan daun singkong, tapi aku tetap nekad aja hihihihi. 

Waktu bikin gulai ini entah sambil ngelamun atau entah puyeng mikir kerjaan lain, eh...lupa gak masukin teri medan. Padahal baru aja dapat kiriman seabreg teri medan dari seorang sahabat. Hadeeeh. Trus lupa lagi masukin cabe rawit utuh. Kalau ini sih namanya bukan lupa ya, tapi memang udah bener-bener ngelantur.
Gulai daun singkong ini menurut versi sendiri ya, membuatnya cukup mudah dengan bumbu-bumbu yang simpel. Mohon maaf kalau ternyata melenceng dari aturan gulai daun singkong yang baik dan benar. Hanya berusaha menyesuaikan dengan selera aja ^_^

GULAI DAUN SINGKONG

Bahan : 
2 ikat daun singkong
(rebus, peras dan diiris. Rebusnya jangan terlalu lama ya)
50 gr teri nasi, goreng (lupa gak pakai)
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan bagian putihnya
1 liter santan (atau sesuai selera)
garam, gula dan merica secukupnya
(sesuaikan dengan selera saat test rasa ya)
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar
3 cabe merah besar
2 cm kunyit bakar
1 ruas lengkuas

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk rata hingga matang
- Masukkan daun singkong dan tambahkan santan sedikit demi sedikit.
- Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan test rasa hingga sesuai selera.
- Bila memakai teri, masukkan teri-nya bersama cabe rawit utuh. Aduk rata.
- Angkat dan siap disajikan.

Saat merebus daun singkong, jangan terlalu matang hingga benar-benar lunak ya. Kan selanjutnya akan direbus lagi bersama bumbu-bumbunya. Dinikmati bersama nasi hangat, ikan goreng dan sambel ijo....heavenly for me. Alhamdulillah...



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »