BOLU KUKUS ZEBRA



Kalau ditanya kue apa yang selalu bikin deg-degan waktu bikinnya, dengan mantap aku pasti jawab bolu kukus.  Walaupun sudah lumayan sering bikin bolu kukus, tetap aja ada rasa gak pede waktu bikinnya, takutnya gak mekar atau bolu kukusnya cuma senyum malu-malu atau jangan-jangan mekarnya aneh. Hal itu masih juga kualami saat membuat bolu kukus zebra ini. Padahal segala tips dan trik tentang pembuatan bolu kukus mekar sudah hafal banget, tapi tetap aja masih takut-takut ketika membuka kukusan >.<

Kebetulan masih harus berpisah sementara dengan oven tersayang, karena kebetulan beberapa hari belakangan ini aku full di rumah Mamaku. Bosen juga bikin cemilan gorengan, mana batuk kok rasanya gak ilang-ilang ya :(  Asliii...pengennya baking cake atau roti gitu, tapi di rumah Mamaku adanya otang kecil, itupun pintunya sudah gak bisa ketutup dengan rapat. Akhirnya bikin cemilan yang dikukus aja deh dan pilihanku jatuh pada bolu kukus zebra. 

Sebenarnya ini bolu kukus biasa aja, resepnya memakai resep Bolu Kukus 10 Menit dari NCC. Yang membedakan hanya teknik saat menuang adonan aja, sehingga bisa terbentuk motif zebra wannabe hihihi. 




Bisa dilihat di resep di atas motif zebra wannabe di dapat dari adonan putih dan coklat yang dituang secara berselang-seling ya. Kalau mau divariasikan dengan warna lain bahkan aneka warna juga boleh. Pasti cantik juga bolu kukusnya. Rasa bolu kukus zebra ini juga sama aja kok dengan bolu kukus biasa. Hanya berbeda di motif aja. Aku sendiri memang sudah cocok dengan resep dari NCC ini. Teksturnya lembut dan tidak seret serta manisnya pas sesuai seleraku.






Jangan lupa ya....tips dan trik membuat bolu kukus mekar antara lain adalah
- Adonan harus benar-benar kental.
- Tuang adonan hingga penuh di paper cup.
- Pastikan kukusan sudah dalam keadaan benar-benar panas ketika adonan dimasukkan.
- Jangan mengisi kukusan dengan terlalu banyak adonan bolu kukus ya.
- Gunakan api besar.

In sha Allah, bolu kukus bisa mekar. Kalaupun ada yang belum mekar, hayuuuk dicoba lagi, karena aku juga dulu harus mencoba berulang kali sampai  ^_^

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==