POTATO BREAD



Nge-bread again ^_^. Keluargaku suka makan roti dan bahkan lebih menikmati roti dibandingkan cake. Hanya saja terkadang juragan dapurnya suka males bikin roti karena prosesnya yang lebih lama dibandingkan membuat cake hehehe. Kali ini terkena virus potato bread yang sempat booming beberapa waktu lalu. Penasaran banget pengen bikin sampe kebawa mimpi (halaaah >.<) hihihihi.
Akhirnya disempatin buat dan puas banget akan hasilnya. Soal bentuk harap maklum ya, karena belum bisa bentuk-bentuk adonan roti yang cantik, jadilah dibikin roti sobek aka roti kasur (lagiii). Anak-anakku memang lebih seneng dengan roti sobek, karena mereka bisa 'nyobek' roti sendiri sambil menerka-nerka apa yaaa isiannya ^_^





Resepnya memakai punya Ricke dan aku beri isian sesuka hati. Maksudnya sih menyesuaikan apa yang ada di kulkas ya ^_^ Jadilah potato bread ini dengan isian keju cheddar + quick melt, coklat dan juga smoked beef + mayo. Diisi selai pastinya juga enak banget. Silahkan dikreasikan sesuai selera keluarga masing-masing. Berikut ini resepnya ya...

POTATO BREAD

Bahan A :
200 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein rendah
7 gr ragi instan
65 gr gula pasir (pakai gula kastor)
10 gr susu bubuk full cream

Bahan B :
2 kuning telur
125 ml susu cair dingin (bisa diganti dengan air es)

Bahan C :
100 gr kentang kukus, haluskan
35 gr margarin / butter
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla susu

Bahan Olesan :
1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat :
- Campur jadi 1 bahan A, aduk rata.
- Masukkan bahan B, diawali dengan kuning telur dan susu cair sedikit demi sedikit. Hentikan penambahan susu apabila adonan sudah basah atau tambahkan apabila adonan masih kering.
- Uleni hingga kalis dan tidak menempel di bowl.
- Masukkan bahan C, uleni kembali. Adonan akan menjadi lengket karena penambahan kentang. Uleni hingga kalis dan mulus.
- Pindahkan adonan ke meja yang sudah ditaburi terigu, uleni kembali sebentar dengan gerakan seperti mencuci baju. Jika terasa lengket bisa ditambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis elastis.
- Bulatkan adonan, letakkan di bowl yang sudah dioles minyak dant tutup dengan serbet bersih yang lembab. Istirahatkan hingga mengembang 2x lipat, kurang lebih selama 45-60 menit (proofing 1).
- Setelah mengembang, kempiskan adonan, uleni kembali sebentar hingga adonan lentur kembali.
- Timbang adonan (untuk roti sobek ini aku timbang @50 gr) dan bentuk bulat. Simpan di loyang yang sudah dioles margarin. Istirahatkan kembali selama 10-15 menit (proofing 2).
- Beri isian secukupnya, tata kembali dalam loyang dan istirahatkan kembali selama 30-45 menit (proofing 3).
- Panaskan oven 200'C, sesaat sebelum dioven olesi adonan dengan bahan olesan. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit hingga permukaannya kecoklatan.
- Angkat dan keluarkan dari oven. Panas-panas beri olesan butter/margarin.





Rotinya empuuuk dan lembut banget walau tanpa penambahan bread improver. Bahkan sampai keesokan harinya teksturnya tidak berubah sama sekali. Sengaja bikin roti sore hari jadi sisa rotinya bisa dinikmati saat sarapan pagi. Tetap empuk dan lembut.




Tuh...lihat teksturnya....keliatan kan lembutnya. Rasanya juga enak dan pastinya kita makan tanpa rasa was-was akan penambahan bahan pengawet lainnya.



Adonan roti setelah proofing terakhir, siap dioles dan langsung dioven deh.

Yang pengen bikin roti empuk dan lembut tanpa bantuan bread improver, yuuk mari dicoba potato bread ini. Insya Allah puas dengan hasilnya.

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==