LAPIS SURABAYA GREEN TEA



Nge-lapsur lagi yuuk. Ada sisa telur 15 butir dan entah kenapa yang terbayang kok ya hanya lapsur heuheuheu. Kalo ini mah emang karena pengen maem lapsur aja ya ^_^  Yaaah daripada ntar kebayang-bayang lapsur mulu, jadi singkirkan rasa malas dan uprek sebentar di dapur. 

Kali ini aku membuat lapsur green tea. Base resepnya masih tetap memakai resep Mbak Rachmah seperti yang sudah pernah aku posting dahulu ya. Hanya karena antara malas dan rajin, aku membuat dengan cara all in one method, yaitu seluruh bahan dikocok menjadi 1 hingga kental kecuali butter leleh. Bisa juga membuat dengan memakai spongecake method, yaitu telur dan gula dikocok hingga mengembang dan kental, baru dimasukkan tepung terigu dan menyusul dimasukkan butter leleh. 
Sebenarnya lapis surabaya yang merupakan salah satu jenis buttercake, dibuat dengan cara mengocok butter terlebih dahulu, seperti yang tercantum pada resep NCC. Cara tersebut sudah pernah aku posting disini dan juga disini.

Karena resep asli memakai 30 telur dan aku hanya punya stok 15 telur, jadinya aku bikin 1/2 dari resep dibawah ini dan memakai loyang sekat 3 ukuran 30x30x4 cm. Kalau gak punya loyang sekat bisa juga memakai 3 buah loyang brownies ukuran 30x10x4 cm atau silahkan dikonversi sesuai kebutuhan masing-masing ya. Berikut aku tuliskan resep yang full yaaa...

LAPIS SURABAYA GREEN TEA 

Bahan :
30 kuning telur
6 putih telur
300 gr gula pasir
20 gr cake emulsifier
1/2 sdt vanilla
160 gr tepung terigu protein rendah / sedang
30 gr susu bubuk full cream
25 gr maizena
300 gr butter, lelehkan
2-3 sdt green tea powder / matcha powder (larutkan dengan sedikit air)
selai nanas secukupnya (bisa juga memakai buttercream)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C. Siapkan 3 loyang ukuran 22x22x4 cm, olesi margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali.
- Campur dan ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena.
- Kocok telur, gula, cake emulsifier dan campuran tepung hingga mengembang dan kental.
- Masukkan vanilla, kocok hingga rata.
- Tuang butter leleh sedikit demi sedikit sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata.
- Bagi adonan menjadi 3 bagian, tuang 2 bagian kuning ke dalam loyang dan campur 1 bagian adonan dengan green tea powder, aduk rata. Tuang adonan hijau ke dalam loyang.
- Oven selama kurang lebih 25 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan. Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
- Keluarkan dari oven dan balikkan.

Penyelesaian :
- Ambil 1 bagian kuning, oles dengan selai.
- Oles bagian hijau dengan selai, susun di atas adonan kuning sambil ditekan perlahan hingga merekat.
- Oles bagian kuning dengan selai dan susun di atas bagian hijau sambil ditekan perlahan.
- Diamkan sebentar dalam lemari es dan potong sesuai selera.




Lembut bangeeet. Apalagi aku paling suka dengan aroma green tea. Untuk penggemar green tea bisa dicoba ya untuk bikin lapis surabaya green tea. Lapis Surabaya memang enak dikarenakan pemakaian kuning telur yang seabreg dan juga butter. Tapi kalau pertama kali mencoba dan takut gagal, pakai margarin aja dulu ya. Tetap enak kok ^_^



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==