BLUDER



Sudah lama penasaran ama roti bluder. Kebayang aja ama roti dengan tekstur lembut dan empuk dengan bentuk yang menul-menul. Duuh...jadi tambah pengen ajah >.<  Bluder biasanya menggunakan kuning telur yang cukup banyak sehingga bisa menghasilkan roti yang lembut dan empuk tanpa penambahan bread improver. Hmmm....lebih aman kan untuk dikonsumsi.
Akhirnya minggu lalu disempatkan untuk bikin roti bluder sendiri. Memakai resep dari buku "Bluder Roti Kuno - Tahan Lama" yang kulihat dari Pawonomah. Resep ini memakai 10 kuning telur dengan isian yang bisa disesuaikan dengan selera. Tanpa diberi isian juga sudah enak lho..

Proses pembuatannya memang cukup lama, karena proofingnya yang hampir 5 jam. Tapi itu semua terbayar dengan hasilnya yang cukup memuaskan. Berikut resepnya ya

BLUDER

Bahan I :
300 gr tepung terigu protein tinggi
2 gr ragi instan
200 ml susu cair

Bahan II :
10 kuning telur
150 gr gula pasir
5 gr ragi instan
50 ml susu cair
200 gr tepung terigu protein tinggi
150 margarin
2 gr garam

Bahan Olesan :
1-2 butir kuning telur yang dicampur dengan sedikit susu cair

Isian :
Sesuai selera, aku pakai mayo + smoked beef,
selai kacang dan ada juga yang pakai coklat

Cara Membuat :
- Aduk dengan mixer (bila memakai hand mixer memakai baling-baling spiral ya), seluruh bahan I hingga kalis. Diamkan selama 2 jam dengan ditutup serbet bersih.
- Kocok kuning telur, gula, ragi dan susu cair hingga tercampur.
- Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus dimixer sampai tercampur.
- Masukkan adonan ini ke dalam adonan I, mixer kembali hingga homogen (bisa juga dengan diuleni ya).
- Tambahkan margarin dan garam, mixer / uleni kembali hingga kalis elastis
( jika adonan terasa lengket sekali dan belum menyatu, bisa ditambahkan terigu sedikit demi sedikit hingga didapat adonan yang kalis, tapi jangan kebanyakan ya).
- Proofing selama 40 menit.
- Kempeskan adonan, timbang masing-masing @50gr dan bentuk bulat. Proofing kembali 15 menit.
- Ambil adonan, gilas menggunakan rolling pin untuk membuang anginnya. Isi dengan bahan isian dan bentuk bulat (yang rapi ya).
- Letakkan adonan dalam cup, lakukan hingga semuanya habis dan proofing kembali selama 2 jam.
- Panaskan oven 190'C, olesi permukaan bluder dengan bahan olesan dan beri bahan taburan bila suka.
- Oven selama 15-20 menit (tergantung masing-masing oven ya), hingga permukaannya berwarna coklat keemasan.
- Angkat dan panas-panas olesi dengan butter.





Tuh lihat tekstur bludernya yang berserat halus. Empuuk dan lembut banget. Alhamdulillah anak-anak juga suka, mereka paling suka yang isi coklat dan selai kacang. Kalau juragan di rumah, jangan ditanya lagi hihihih. Eh ya...sampai esok harinya, teksturnya tetap oke lho. Dinikmati saat sarapan bersama teh atau kopi hangat, pas banget deh.






Bluder dalam proses proofing. Udah keliatan menul-menulnya ya hihihi.

Selamat mencoba semoga sesuai dengan selera keluarga ya ^_^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==