BACEM TAHU TEMPE



Sebenarnya aku gak terlalu hobby makan bacem. Doyan dan suka tapi belum sampai taraf suka bangeet. Kalau disuruh milih, aku lebih suka tempe goreng tepung atau mendoan. Suamiku yang suka dengan olahan bacem, jadi boleh lah sekali-kali bikin bacem soalnya kalau tempe goreng tepung kan udah sering banget.

Bacem sendiri sebenarnya salah satu cara pengolahan makanan yang berasal dari Jawa Tengah. Yang umum diolah menjadi bacem memang biasanya adalah tahu dan tempe. Tapi menurutku ayam yang dibumbu bacem juga gak kalah enaknya. Dulu sudah pernah juga kuposting ayam bumbu jawa yang bumbu-bumbunya tidak jauh berbeda dengan olahan bacem, bisa diklik disini ya. Pengolahan bacem sendiri cukup mudah, bumbu-bumbunya juga sederhana. Selain menghasilkan citarasa yang manis dan legit, bacem merupakan salah satu cara agar tahu dan tempe lebih awet lho. Tahu dan tempe yang sudah diungkep menjadi bacem, bisa dimasukkan dalam wadah tertutup dan disimpan di lemari es, kita tinggal menggoreng sesaat sebelum dinikmati. Tapi...ya jangan kelamaan ya nyimpennya di kulkas, jangan sampe tahunan getuuh hihihihi.

Resep bacem tentunya sudah banyak yang tahu kan?  Pada intinya bumbu yang dipakai sama aja sih, tinggal takarannya aja yang disesuaikan dengan selera masing-masing. Berikut kutuliskan disini ya...

BACEM TAHU TEMPE

Bahan :
450 gr tempe, potong sesuai selera
450 gr tahu putih, potong sesuai selera
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, memarkan
1 sdm air asam jawa
1000 ml air kelapa
100-200 gr gula merah, sisir halus (sesuai selera ya)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai

Cara Membuat :
- Tuang air kelapa di wajan, masukkan bumbu halus, gula merah, daun salam, lengkuas, tahu dan tempe.
- Bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak hingga air kelapa mendidih.
- Kecilkan api, tutup wajan dan teruskan memasak hingga air kelapa habis dan bumbu meresap. Jangan lupa sesekali diaduk ya.
- Angkat dan siap digoreng atau dibakar.


Warna dari bacem tergantung dari gula merah yang kita pakai ya. Semakin gelap warna gula merah, maka warna bacem juga akan semakin gelap. Demikian juga bila gula merah yang dipakai berwarna coklat muda, maka bacemnya juga akan lebih muda warnanya. Selain itu tergantung juga pada takaran gula merah yang kita pakai.
Pada umumnya tahu dan tempe bacem selanjutkan akan digoreng, tapi bisa dicoba juga dengan membakarnya. Gak kalah enaknya lho. Rasanya yang manis dan legit berpadu dengan aroma bakar yang sedap. Wuiiih...dinikmati dengan nasi hangat aja udah enaaak ^_^




Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »