PUFF PASTRY PIZZA (LBT#22)



LBT Challenge #22 is....homemade puff pastry. Yeeeay....gini deh senengnya ikut grup, berkat adanya challenge jadinya mau gak mau harus bikin sendiri dan gak tergantung ama puff pastry siap pakai. Hihihihi. 
Sebenarnya udah lama pengen bikin homemade puff pastry, tapi apa daya rasa malas mengalahkan keinginan buat belajar. Alhamdulillah sekarang bisa bikin juga.

PUFF PASTRY merupakan pastry yang mengandung banyak Lemak/mentega dan berlapis-lapis, dimana setiap lapisannya begitu tipis,crispy dan sangat rapuh, menjadikan pastry ini begitu ringan karena banyak berisi udara. Point penting yang dibutuhkan untuk membuat puff pastry adalah menyisipkan mentega dan udara sebanyak mungkin ke dalam tepung saat adonan diolah dengan cara menggilas, menekuk dan mendinginkannya tanpa bekerja terlalu berlebihan pada adonan.
Terlalu banyak menggilas dan menarik adonan akan membuatnya elastis, sehingga pastry menjadi bantat, kurang berlapis-lapis. Proses mendinginkan adonan juga sangat penting, karena jika mentega mencair maka akan berubah menjadi minyak dan meresap ke dalam tepung yang menjadi penyebab pastry tidak berlapis.

Dari satu adonan puff pastry akan bisa dikreasikan menjadi berbagai macam varian. Bisa yang manis, misalnya rhum horn, portugese egg tart, molen bandung ala kartika sari dan sebagainya. Kalau yang gurih misalnya dikreasikan menjadi quiche, pastry isi keju atau sosis, pizza bahkan kastengel. Banyaaak banget deh. Silahkan disesuaikan dengan selera keluarga

Untuk kali ini aku membuat puff pastry pizza. Kebetulan masih ada saus bolognese dan sedikit mozarella, jadi segera dimanfaatkan aja. Untuk isiannya lagi-lagi memakai yang ada di kulkas yaitu sosis dan smoked beef. Untuk resep adonan puff pastry, aku memakai resep dari bu Sisca Soewitomo. Resepnya cukup simple dan insya Allah siapapun bisa membuatnya.

PUFF PASTRY PIZZA

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 butir telur
1/2 sdt garam
200 gr air es
50 gr margarin
200 gr korsvet

Topping Pizza :
saus bolognese secukupnya
1/2 bawang bombay iris bulat
keju mozarella secukupnya (bisa juga pakai quick melt ya)
2 sosis, tumis sebentar kemudian potong-potong
2 lembar smoked beef potong kotak
sejumput oregano
or...anything you like ya

Cara Membuat :
- Campur tepung terigu, garam, telur dan air es, aduk rata. Tambahkan margarin dan uleni hingga 1/2 kalis.
- Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik wrap kemudian istirahatkan selama 15-20 menit.
- Keluarkan adonan, gilas hingga setebal kurleb 1 cm dan membentuk segi empat.
- Pipihkan korsvet, kemudian letakkan di tengah adonan. Lipat adonan ke arah tengah hingga korsvet tertutup sempurna (jangan sampai bocor ya). 
- Bungkus plastik wrap dan simpan di dalam pendingin selama kurang lebih 10 menit.
- Keluarkan adonan, giling menjadi bentuk persegi panjang. Lipat sisi kanan dan kirinya ke tengah adonan, kemudian lipat lagi menjadi ke salah satu sisi (lipatan ganda). Simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit.
- Keluarkan adonan, giling kembali dan ulangi lipatan seperti di atas dan simpan kembali ke dalam pendingin selama 10 menit. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali.
- Keluarkan adonan, pipihkan adonan dan lipat menjadi lipatan 2, simpan di kulkas selama 20 menit.
- Keluarkan adonan kemudian gilas tipis dan siap dibentuk sesuai selera


Assembly :
- Panaskan oven 200'C
- Potong puff pastry sesuai dengan ukuran loyang yang akan dipakai.
- Letakkan di loyang yang sudah dioles tipis margarin atau dialas kertas roti.
- Tusuk-tusuk bagian tengah dengan garpu.
- Tuang saus bolognese homemade di tengah loyang, ratakan dengan menyisakan space 1-2 cm di pinggir loyang.
- Tata bawang bombay, sosis dan smoked beef. Taburi oregano keju mozarella parut.
- Panggang selama kurang lebih 20-25 menit hingga pastry berwarna kecoklatan dan keju meleleh.
- Angkat dan hidangkan hangat dengan saus sambal favorit

Untuk resep saus bolognese homemade, sudah pernah kuposting sebelumnya, bisa dilihat disini ya. Untuk beberapa variasi topping pizza, bisa diintip-intip lagi disini.



Alhamdulillah layernya kelihatan ya. Rasanya juga kriuk banget dan lebih enak dibanding puff pastry siap pakai lho hihihi, lebih guriiih. Karena teksturnya yang ringan, jangan heran kalau puff pizza ini cepet habisnya. Gak berasa lho kalau cuma makan sepotong, jadinya ambil lagiii ^_^



Coba-coba bikin pastry model baling-baling. Gak rapi euy >.< Isiannya sosis dan sisa saus bolognese. Ada juga yang kuisi dengan selai strawberry, jadinya gak karuan karena selainya meleber kemana-mana, tapi justru itu yang jadi rebutan anak-anak heheheh.


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==