OVAL CHEDDAR CHEESE CAKE




Ada yang mau cheddar cheese cake? Yuuk mari dicobain bikin sendiri. Buat cheesy lovers pasti suka deh. Ini adalah versi ekonomis dari Japanese Cheese Cake (JCC), tapi rasanya lebih ngeju dan teksturnya juga tetap lembut khas cheese cake yang dipanggang dengan au bain marie.

Sebenarnya dulu sudah beberapa kali posting resep cheddar cheese cake ini, antara lain bisa dilihat disini dan disini. Resepnya sama aja ya dan selalu memakai loyang bulat heheheh. Kebetulan beberapa waktu yang lalu ada pesanan cheddar cheese cake di loyang oval. Kebetulan juga sempat difoto walau dengan foto seadanya, jadi sekalian diposting lagi aja ya resepnya. 

Berikut adalah resep dengan menggunakan 3 telur. Apabila menggunakan loyang oval, masih ada sisa sedikit adonan yang cukup dituang di alufoil cup ukuran personal. Cheki-cheki resepnya ya

CHEDDAR CHEESE CAKE

Bahan A :
130 ml susu cair (aku pakai susu UHT)
40 gr butter
100-125 gr keju cheddar parut halus

Bahan B :
20 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
(campur dan ayak kedua bahan ini)

Bahan C :
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit lemon

Bahan D :
3 putih telur
85 gr gula kastor (bisa ditambah hingga 100 gr)
1 sdt air jeruk lemon

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C . Siapkan loyang oval, oles dengan margarin dan beri alas kertas roti. Oles tipis kembali dan sisihkan. Apabila memakai loyang dengan sambungan, bungkus dasar loyang dengan alununium foil agar air tidak merembes masuk ke dalam adonan.
- Tim bahan A hingga keju larut. Angkat dari api.
- Selagi bahan A masih hangat, masukkan bahan B. Aduk rata dengan whisker hingga lembut dan tidak bergerindil.
- Masukkan bahan C. Aduk rata dan sisihkan.
- Di wadah yang bersih dan kering, kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan air jeruk lemon dan gula sedikit demi sedikit. Kocok hingga SOFT PEAK (kocokan telur sudah mengembang namun masih lembut dan creamy. Ketika mixer diangkat maka akan membentuk puncak tumpul). 
- Ambil 1/3 bagian adonan putih telur, tuang ke adonan keju. Aduk balik hingga rata dan tuang kembali ke dalam sisa adonan putih telur. Aduk balik hingga rata (jangan terlalu lama mengaduk ya).
- Tuang adonan ke dalam loyang dan letakkan loyang adonan ini ke dalam loyang pendek yang sudah berisi air panas. Oven selama 50-75 menit hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan. (waktu pemanggangan tergantung masing-masing oven ya).
- Keluarkan dari oven, biarkan hangat dan balik di atas serbet bersih.
- Dinginkan dan siap dihias sesuai selera.




Dengan teksturnya yang lembut, CCC ini enak-enak aja dinikmati plain tanpa pelengkap macam-macam. Kalau aku sih paling suka maem dengan selai strawberry homemade. Yummy....cake yang ngeju dipadukan dengan selai strawberry yang asam-asam manis ^_^
Kalau untuk pesanan lebih sering memakai topping buah, tapi tetap aku olesi selai di permukaan cake. 


Fresh from the oven. Kebetulan loyang yang kupakai tanpa sambungan ya, jadi gak perlu melapisi dengan alumunium foil. Cake akan sedikit turun dibandingkan ketika di dalam oven. It's oke, itu normal kok, asal turunnya jangan banyak-banyak yaaa :)


Siap dihias sesuai dan diberi topping sesuai selera.



Seperti halnya JCC, cheddar cheese cake ini lebih enak dinikmati dalam keadaan dingin. Hmmm....kaya maem es krim lho menurutku. hihihih. Yuuk dicobain bikin sendiri 
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==