SUP MERAH SUKA-SUKA



Kesampaian juga bikin sup merah lagi setelah lamaaa banget gak bikin. Seperti biasanya kalau masak  ya pakai bahan-bahan yang ada di kulkas dan pakai resep kiki alias kira-kira hihihihi. Jadi mohon maaf kalau sup merah ini jadinya berjudul sup merah suka-suka karena melenceng dari sup merah yang baik dan benar...beeegh.

Karena cuma punya wortel, kacang polong, bakso ayam, sosis, jamur champignon, fillet ayam dan kekian, jadi isiannya ya cuma itu aja. Sebenarnya punya juga bunga kol, tapi ternyata kelupaan masukin...hadeeuh. Jadi sekali lagi harap makluuum ya :)

SUP MERAH SUKA-SUKA

Bahan :
250 fillet ayam, potong dadu
4 buah wortel, potong korek api
1 bunga kol, potong per kuntum (skip, lupaa)
4 buah sosis, potong korek api
2 buah kekian, goreng sebentar dan potong memanjang
10 buah bakso ayam, iris sesuai selera
1/2 kaleng jamur champignon, belah menjadi 3 bagian
1/2 kaleng kacang polong
1 kaleng pasta tomat
5 sdm saus tomat (atau sesuai selera ya)
garam, merica dan gula pasir secukupnya (sesuai selera)
1 buah bawang bombay, cincang halus (aku potong memanjang)
3 siung bawang putih, cincang halus
7 buah bawang merah, iris tipis, goreng dan haluskan.
1/2 butir pala, haluskan (atau geprek aja ya)
1500 ml air kaldu
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat :
- Kukus wortel, bunga kol dan kacang polong hingga agak lunak. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna kemudian tuang air kaldu.
- Masukkan bawang goreng yang dihaluskan, masukkan pasta tomat dan saus tomat.
- Masukkan sosis, kekian, bakso ayam dan jamur. Masak hingga mendidih.
- Masukkan wortel, bunga kol dan kacang polong rebus.
- Bumbui dengan garam, merica, pala dan gula pasir hingga rasanya pas sesuai selera.
- Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan.
- Angkat dan siap disajikan hangat.


Untuk wortel, kacang polong dan kol sebenarnya bisa langsung dimasak bersama  kuah ya, tapi aku lebih suka mengukus terlebih dahulu. Silahkan sesuai selera aja.
Aslinya kalau sup merah pasti ada pelengkapnya berupa cakwe udang kecil-kecil, tapi aku gak pakai ya. Gak punya udang dan kelamaan kalau bikin cakwe-nya hihihi. Kalau ini sih dasarnya emang pemalas ya.
Sup merah yang hangat, pas banget disajikan di saat musim hujan gini. Kalau aku suka makan pakai nasi trus digadoin lagi heheheh. Alhamdulillah adek suka banget, tapi kalau kakak Naira dari dulu kurang suka ama kuahnya, jadi diambilin aja isiannya ^_^




Bukan iklan yaaa...tapi ini saus tomat dan pasta tomat yang kupakai, yaitu Del Monte.
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==