SIOMAY AYAM JAMUR



Postingan yang lagi-lagi telat dan kadaluarsa hehehehe. Karena sebenarnya siomay ini sudah dibikin minggu lalu, karena males edit-edit foto jadinya baru sekarang tayang di blog. Proses jepret-jepret siomay ayam jamur ini pernuh perjuangan lho. Gimana gak karena saat pegang kamera, saat kepala terasa pusing banget. Kayanya tensinya lagi turun deh ditambah masuk angin juga. Sebenarnya udah mau nyerah dan gak mau foto-foto, tapi karena melihat senyum adek yang setia menemani jadinya lanjuuut.....hihihihi. Setelah foto-foto, akhirnya nyerah dan langsung rebahan di kamar. Setelah istirahat baru inget kalau belum fotoin bumbu kacangnya dan juga penampilan siomay di piring. Keluar kamar....dan ternyata siomay-nya udah ludes. Hahahah....Alhamdulillah. Berarti laris manis kan walau gagal fotoin siomay di piring ^_^

Back to the siomay (kepanjangan curcol-nya euy >.<). Inspirasinya datang dari siomay jamur Pawonomah. Kumodif lagi sesuai selera dan tentu saja sesuai judulnya kutambahkan ayam. Mari di cheki-cheki resepnya yaaa...

SIOMAY AYAM JAMUR

Bahan :
250 gr jamur tiram, cuci di bawah air mengalir, peras satu persatu dan tiriskan.
100 gr fillet ayam
75 gr tepung terigu
175-200 gr tepung sagu tani
2 butir telur
5 siung bawang putih
7 butir bawang merah
2 batang daun bawang, iris tipis
merica, garam halus dan gula secukupnya
15 lembar kulit pangsit

Pelengkap :
kentang rebus
telur rebus
tahu putih yang diisi adonan siomay

Cara Membuat :
- Iris tipis jamur tiram. Haluskan dengan menggunakan chopper bersama dengan fillet ayam, bawang putih, bawang merah, merica, garam, gula dan 1 butir telur. Chopper hingga halus.
- Setelah halus pindahkan ke dalam bowl, tambahkan 1 butir telur kocok lepas. Aduk rata.
- Tambahkan tepung sagu tani dan tepung terigu secara bertahap. Aduk rata. (dikira-kira aja ya...kalau adonan sudah terlihat tidak encer, hentikan penambahan tepung)
- Tambahkan daun bawang, aduk rata.
- Siapkan selembar kulit pangsit, letakkan di wadah kecil (aku pakai cetakan cupcake, bisa juga pakai cetakan bolu kukus), oles tipis minyak. Masukkan adonan siomay ke dalam kulit pangsit. Lakukan hingga adonan habis.
- Kukus selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang.
- Angkat dan sisihkan.

Untuk membuat tahunya, siapkan tahu putih dan potong sesuai selera. Buat lubang kecil dan isi dengan adonan siomay. Kukus hingga matang dan siap dinikmati.


Naah...ini resep saus kacangnya ya. Hasil modif dari Pawonomah juga...thengkyuu mbak Nyit.

SAUS KACANG

Bahan :
200 gr kacang tanah, sangrai
7 siung bawang putih
2 buah cabe merah besar (bisa ditambah rawit kalau suka)
6 butir kemiri
2 sdm gula jawa
garam dan gula pasir secukupnya
2-3 gelas air matang (bisa ditambahkan kalau suka yang encer)
kecap manis dan jeruk limau sesuai selera

Cara Membuat :
- Goreng bawang putih, cabe besar dan kemiri hingga setengah matang, kemudian haluskan bersama kacang tanah.
- Tumis kacang dan bumbu yang sudah halus tersebut hingga harum.
- Tambahkan gula jawa, gula pasir, garam dan 1 gelas air matang. Aduk-aduk hingga adonan tersebut keluar minyaknya.
- Tambahkan sisa air, aduk terus hingga meletup-letup. Test rasa.
- Tambahkan kecap manis sesuai selera dan air jeruk limau jika suka.
- Siap disiramkan di atas siomay.






So...just enjoy the picts yaa. Yuk...bikin siomay homemade. Bahan-bahannya pasti berkualitas dan lebih puas maemnya ^_^
close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==