SIMPLE CLASSIC CHEESE CAKE



Simple classic cheese cake ini dipesan oleh sahabatku nun jauh di pulang seberang (cieee...) Mbak Endah untuk dibawa adiknya ke Yogyakarta. Kebetulan Mbak Endah ini aslinya ya satu kota denganku, jadi ibu beliau masih tinggal di dekat rumahku. Kenal Mbak Endah juga karena komunitas baking dan baru 2x ketemu langsung hihihih. Daaan...ternyata lagi adik Mbak Endah yang akan membawa kue ini adalah kakak kelasku waktu SMA dulu. Sempitnya dunia ya.....heheheh. Semoga ke depannya silaturahmi terus terjalin. Aamiin...

Back to the cake...Mbak Endah pesan cake yang ngeju, tapi simpel. Sebenarnya gak minta didekor sih, tapi karena masih ada sedikit buttercream, jadi dikasih sedikit border gak apa ya. Dulu pernah sih bikin classic cheese cake yang sudah kuposting disini, tapi aku pengen kali ini bikin cake yang lebih lembut lagi. Akhirnya aku memakai dasar spongecake Yongki yang memakai 10 kuning telur. Karena memakai kuning telur yang lebih banyak dibanding putih telurnya, tentunya lebih lembut donk. Dimodif sedikit dan diberi dekor yang super simple...jadi deeeh.
Untuk yang mau mencoba, berikut ini resepnya ya...

SIMPLE CLASSIC CHEESE CAKE

Bahan :
10 kuning telur
5 putih telur
10 gr emulsifier
150 gr gula kastor
1 sdt vanilla
100 gr tepung terigu all purpouse
1 sdm susu bubuk full cream
1 sdm maizena
70 gr keju cheddar parut halus
150 gr butter (bisa dimix dengan margarin ya), lelehkan
1 sdm susu kental manis

Filling :
buttercream + keju cheddar parut

Cara Membuat :
- Siapkan 2 buah loyang (aku pakai 2 loyang 20x20x4 cm), oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena. Sisihkan.
- Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan vanilla, kocok hingga rata.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan menggunakan spatula (bisa juga dimixer speed rendah ya).
- Masukkan susu kental manis ke dalam margarin leleh, aduk rata. Tuang ke dalam adonan tepung. Aduk balik hingga tercampur rata.
- Oven dengan suhu 170'C selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh ya.
- Keluarkan dari oven, biarkan hangat baru dikeluarkan dari loyang.
- Setelah dingin, beri filling dan hias sesuai selera.

Filling dan cover cake bisa juga memakai cream cheese frosting ya. Bisa juga memakai white ganache. Tinggal disesuaikan aja dengan selera dan tentu saja budget yang ada hihihihi...








Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

komentar
Tuesday, 29 October 2013 at 15:12:00 GMT+7 delete

Assalamu'alaikum mb Nina yg baik dan cantik. Alhamdulillah saya suka sekali dengan blog mb ini, smga ilmu yg mb share dsni menjadi amal kebaikan buat mb nantinya, amin. Oya mb, saya mau tanya sedikit, tentang 70gr keju parut yg ada di bahan itu, apakah termasuk bahan campuran atau filling?? Soalnya dstu lum dijelaskan hehehe, terimakasih utk jawaban nya ya mb ^^

Reply
avatar
Tuesday, 29 October 2013 at 20:05:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam mbak...
Alhamdulillah terima kasih mbak sudah berkenan berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat ya dan aamiin atas segala doanya.
70 gr keju parut itu hanya untuk adonan mbak, untuk filling dan topping belum termasuk, soalnya biasanya untuk filling dan topping saya kira-kira aja.

Reply
avatar
Thursday, 13 February 2014 at 02:44:00 GMT+7 delete

assalamualaikum mbak,
kalau tidak pake emulsifaer bisa?
karena susah nyari nya disini.
makasi banyak mbak.

Reply
avatar
Thursday, 20 February 2014 at 17:58:00 GMT+7 delete

Waalaikumsalam wr wb
bisa mbak tanpa emulsifier

Reply
avatar
Monday, 6 October 2014 at 14:05:00 GMT+7 delete

Selamat siang Mbak Nina..saya membuat kue ini , tapi bgn bawahnya bantat Mbak, keras seperti keju.

Yang ingin saya tanyakan, pengocokan telur langsung bersama gula ? kuning telur tdk perlu dipisahkan dari putih telur ?

Utk susu kental manis apakah dicampurkan langsung ketika mentega sdh cair ? apakah dapat mencampur mentega terlebih dahulu ke adonan tepung kemudian baru mencampurkan susu kental manis ?

Terima Kasih

Reply
avatar
Monday, 6 October 2014 at 23:45:00 GMT+7 delete

Halo mbak Yuliana
Ada berbagai resep cheese cake, ada yang menggunakan metode putih dan kuning telur di kocok terpisah ada juga yang bersamaan seperti resep ini. Pada dasarnya ini adalah spongecake keju, jadi memang metode pembuatannya, putih dan kuning telur dikocok bersamaan. Kalau ingiin membuat dengan metode putih dan kuning telur terpisah, bisa membuat japanese cheese cake atau cheddar cheese cake.

Tujuan pencampuran susu kental manis dengan mentega cair agar lebih mudah homogen. Kalau SKM langsung dicampur ke adonan, dikhawatirkan tidak tercampur rata dengan adonannya.

Bantat bisa disebabkan banyak hal antara lain, kocokan gula dan telur belum sempurna atau proses aduk balik adonan dengan mentega cair belum homogen.

Smoga bisa membantu ya mbak

Reply
avatar
Tuesday, 7 October 2014 at 16:05:00 GMT+7 delete

Terima Kasih yaa Mbak Nina atas penjelasannya
Sepertinya dibagian pengocokan telur yg saya salah..kira2 brp menit mbak proses pengocokan telurnya? sampai ada bentuk jambul ya mbak ketika mixer diangkat?

Mbak bisa minta alamat emailnya ? biar lebih gampang buat bertanya2 kepada Mbak..hehehe

Terima Kasih

Reply
avatar
Wednesday, 15 October 2014 at 21:17:00 GMT+7 delete

untuk lama pengocokan tidak bisa berpatokan dengan waktu mbak, karena tergantung dengan mixer yang dipakai. Tandanya kocokan telur dan gula sudah mengembang dan kental adalah apabila gagang mixer diangkat, makan adonan akan membentuk jambul melengkung dan adonan akan jatuh perlahan.

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, 14 July 2015 at 11:06:00 GMT+7 delete

Mba ninaa... enakan mana cheesecake resep ini apa sebelumnya yg pake 8 butir telur antero? Thx yaa��

Reply
avatar
Monday, 9 November 2015 at 20:20:00 GMT+7 delete

Bunda ninaa, saya mau nanya dong.. saya baru aja buat resep yang ini.. Cuma kok setelah keluar dr oven, langsun kempes ya bun? Salah dimanakah?

Reply
avatar