SIMPLE CLASSIC CHEESE CAKE



Simple classic cheese cake ini dipesan oleh sahabatku nun jauh di pulang seberang (cieee...) Mbak Endah untuk dibawa adiknya ke Yogyakarta. Kebetulan Mbak Endah ini aslinya ya satu kota denganku, jadi ibu beliau masih tinggal di dekat rumahku. Kenal Mbak Endah juga karena komunitas baking dan baru 2x ketemu langsung hihihih. Daaan...ternyata lagi adik Mbak Endah yang akan membawa kue ini adalah kakak kelasku waktu SMA dulu. Sempitnya dunia ya.....heheheh. Semoga ke depannya silaturahmi terus terjalin. Aamiin...

Back to the cake...Mbak Endah pesan cake yang ngeju, tapi simpel. Sebenarnya gak minta didekor sih, tapi karena masih ada sedikit buttercream, jadi dikasih sedikit border gak apa ya. Dulu pernah sih bikin classic cheese cake yang sudah kuposting disini, tapi aku pengen kali ini bikin cake yang lebih lembut lagi. Akhirnya aku memakai dasar spongecake Yongki yang memakai 10 kuning telur. Karena memakai kuning telur yang lebih banyak dibanding putih telurnya, tentunya lebih lembut donk. Dimodif sedikit dan diberi dekor yang super simple...jadi deeeh.
Untuk yang mau mencoba, berikut ini resepnya ya...

SIMPLE CLASSIC CHEESE CAKE

Bahan :
10 kuning telur
5 putih telur
10 gr emulsifier
150 gr gula kastor
1 sdt vanilla
100 gr tepung terigu all purpouse
1 sdm susu bubuk full cream
1 sdm maizena
70 gr keju cheddar parut halus
150 gr butter (bisa dimix dengan margarin ya), lelehkan
1 sdm susu kental manis

Filling :
buttercream + keju cheddar parut

Cara Membuat :
- Siapkan 2 buah loyang (aku pakai 2 loyang 20x20x4 cm), oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena. Sisihkan.
- Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental berjejak. Masukkan vanilla, kocok hingga rata.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan menggunakan spatula (bisa juga dimixer speed rendah ya).
- Masukkan susu kental manis ke dalam margarin leleh, aduk rata. Tuang ke dalam adonan tepung. Aduk balik hingga tercampur rata.
- Oven dengan suhu 170'C selama kurang lebih 15-20 menit hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh ya.
- Keluarkan dari oven, biarkan hangat baru dikeluarkan dari loyang.
- Setelah dingin, beri filling dan hias sesuai selera.

Filling dan cover cake bisa juga memakai cream cheese frosting ya. Bisa juga memakai white ganache. Tinggal disesuaikan aja dengan selera dan tentu saja budget yang ada hihihihi...








close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==