RUJAK KANGKUNG (IDFB #8)


Entry kedua-ku untuk event Indonesian Food Blogger (IDFB). Challenge yang ke-8 ini temanya adalah rujak. Uhuuy...siapa sih yang suka ama rujak. "Salad" asli Indonesia ini banyak sekali macamnya. Mulai dari yang memakai aneka buah-buahan segar, sayur mayur bahkan aneka bahan hewani, misalnya cingur dan juhi. Bumbu atau saus rujak juga beragam macamnya, mulai dari yang berbentuk kental sampai yang berkuah. Cita rasanya yang pedas dan segar banyak disukai.

Untuk IDFB challenge, saya membuat rujak kangkung. Konon rujak kangkung ini adalah khas dari daerah Kuningan di Jawa Barat. Bagi saya yang tinggal di Jawa Timur tentunya sudah familier sekali menyantap kangkung sebagai bahan rujak yang biasa ditemui di rujak cingur. Bedanya kalau rujak cingur memakai bumbu kacang dan petis, sedangkan rujak kangkung ini memakai bumbu gula merah, air asam jawa dan terasi. Seperti apa ya rasanya? Aiih....daripada penasaran maka saya niatkan membuat rujak kangkung sendiri.




Untuk resepnya saya adaptasi dari Femina dan saya tambahkan tauge rebus, irisan mentimun serta tahu goreng. Sensasi unik saya dapatkan ketika menyantapnya. Berikut ini resepnya


RUJAK KANGKUNG

Bahan :
2 ikat kangkung (pilih yang muda)
1 blok tahu putih yang sudah digoreng
1 mentimun iris tipis
2 genggam tauge
50 ml asam jawa
100 ml air hangat
5 cabe rawit
1 sdt terasi bakar
150 gr gula merah
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
- Petik daun kangkung, cuci bersih di bawah air yang mengalir. Rebus sebentar saja, asal kangkung menjadi lunak (jangan terlalu lama ya, bisa juga dengan cara dikukus). Sisihkan.
- Cuci bersih tauge dan rebus sebentar. Sisihkan
- Rendam asam jawa dengan air hangat, tekan-tekan menggunakan sendok agar sarinya keluar. Saring dan sisihkan,
- Haluskan cabe rawit dan garam, tambahkan terasi bakar dan gula merah. Uleg hingga halus.
- Tuangi air asam jawa, aduk rata. Tambahkan garam dan gula pasir bila perlu hingga didapatkan rasa yang pas.
- Tata kangkung, tauge, irisan mentimun dan tahu goreng di atas piring saji. Tuangi dengan bumbu di atasnya dan segera sajikan.


Rujak kangkung ini cenderung mudah berair, apalagi bila ditambahkan mentimun, jadi tuang bumbu sesaat sebelum disajikan ya. Pastikan juga jangan merebus kangkung terlalu lama, karena apabila kangkung terlalu matang dan lunak, rasanya akan cenderung eneg apabila disajikan menjadi rujak.




Monggo yang penasaran pengen tau sensasi unik rasa rujak kangkung, bisa dicoba di rumah. Sangat mudah membuatnya dan siapa tau menjadi salah satu rujak favorit ^_^


ups...terasi dan timunnya gak keliatan ya. Air asam jawanya malah lupa gak kefoto. Hadeeuh >.<
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==