NEAPOLITAN CHEESE CAKE



Akhirnyaaa....kesampaian juga bikin neapolitan cheese cake. Udah lama banget pengen ngerasain dan baru kesampaian sekarang. Saking rajinnya ya xixixixi. Niat awalnya dibelain bikin cake ini untuk LBT Anniversary, tapi ternyata suamiku request cakenya gak usah didekor ya, gak usah pakai macam-macam krim katanya heheheh. Okee...siap laksanakan perintah boss. Jadinya cake ini hanya memakai sedikit whipcream untuk fillingnya daaan langsung dipotong hahahaha. Batal deh buat setoran LBT.

Awal mulanya penasaran karena baca resep cake ini kok pakai banyak banget telur ya. Selama ini makan cheese cake yang memakai telur dalam jumlah wajar-wajar aja (alias gak banyak-banyak banget :P). Jadi pengen tau aja perbedaan tekstur dan rasanya. Kalau dari metode pembuatannya tetap sama kok.
Resepnya aku ambil dari buku "52 Resep Kue Berlapis" dan aku hanya membuat 2/3 dari resep asli. Berikut resep yang sudah aku konversi ya sesuai loyang yang kupakai ya...

NEAPOLITAN CHEESE CAKE

Bahan :
250 gr cream cheese suhu ruang
180 gr susu evaporated
130 gr butter
100 gr tepung terigu protein rendah 
30 gr maizena
240 gr kuning telur (kurleb 15-16 butir tergantung ukuran telur)
300 gr putih telur
200 g gula kastor (aku pakai 175 gr)
1 sdt air jeruk lemon
1/2 sdt pewarna merah muda
1 sdt pasta coklat (aslinya pakai coklat bubuk)

Filling :
whipcream (bisa juga pakai cream cheese frosting)

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku pakai 3 loyang bulat diameter 20cm), oles tipis margarin, alasi kertas roti tanpa dioles lagi. Apabila memakai loyang sambungan, bungkus dasarnya dengan alumunium foil agar air tidak merembes masuk. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dan maizena. Sisihkan.
- Tim cream cheese dan susu evaporated sambil diaduk hingga leleh. Masukkan butter dan tim sampai larut. Angkat.
- Tuang adonan cream cheese tersebut ke dalam campuran terigu dan maizena. Aduk rata perlahan.
- Tambahkan kuning telur. Aduk rata perlahan hingga adonan berbentuk pasta lembut. Sisihkan.
- Dalam wadah lain yang bersih, kocok putih telur hingga berbusa. Tambahkan air jeruk lemon dan gula sedikit demi sedikit. Kocok terus hingga SOFT PEAK.
- Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan tepung. Aduk balik hingga rata dan masukkan kembali ke dalam adonan putih telur. Aduk balik hingga rata.
- Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata. Satu bagian beri pewarna merah muda, satu bagian beri pasta coklat dan satu bagian dibiarkan putih. Jangan terlalu banyak mengaduk ya.
- Tuang masing adonan ke dalam loyang.
- Panggang dengan cara steam bake (au bain marie) dengan suhu 160'C selama 45-60 menit hingga matang (tergantung oven masing-masing ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
- Keluarkan dari oven, biarkan hangat dan keluarkan dari loyang.
- Beri filling sesuai selera dan tumpuk ke-3 cake.


Daaan.....teksturnya emang lembuuut banget dan rasanya enak. Beneran deh. Lagian kalau gak enak ya kebangetan ya, udah pakai telur seabreg gitu hihihihi. Akhirnya udah terbayara rasa penasaranku ama cake ini. Mau coba bikin? Yuuuk....biar gak penasaran.



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==