AMRIS....AMRIS....



Yakin deh kalau cemilan yang satu ini punya banyak banget penggemar. Yup...amris alias american risoles. Namanya gaya banget ya, pakai kata amerika segala xixixixi. Padahal ya...di Amrik sono gak ada lho cemilan yang namanya risoles, kecuali emang ada orang Indonesia yang bikin ya. Trus kenapa namanya jadi amris? Ya...karena isian risoles ini biasanya terdiri dari smoked beef, sosis, keju atau mayonaise yang notabene adalah makanan orang bule. Hehehehe. 

Duluuu banget pernah posting amris ekonomis, sekarang karena kebetulan punya smoked beef jadi aku bikin yang real amris ya. Untuk resep kulitnya tetap memakai resep andalan NCC, udah cocok banget ama resep  ini jadi terus dipakai sampai sekarang.

AMERICAN RISOLES (AMRIS)

Bahan Kulit :
100 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt garam
3 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega leleh
margarin untuk olesan

Bahan Isian :
smoked beef, belah 2
sosis, potong jadi 2
telur rebus, potong jadi 6 bagian
keju cheddar parut secukupnya
mayonaise secukupnya 
(pakai jagung manis enak juga lho)

Bahan Pelapis :
 3 telur kocok lepas
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
- Ayak tepung terigu dan taruh di dalam bowl bersama garam. Buat lubang di tengahnya dan pecahkan telur. Aduk satu arah hingga rata.
- Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan menjadi licin dan halus.
- Masukkan mentega leleh, aduk rata kembali.
- Tutup adonan dengan plastik atau serbet bersih dan diamkan selama 30 menit.
- Siapkan wajan dadar (aku pakai teflon aja), oles dengan margarin dan dadar tipis hingga adonan habis. 
- Ambil selembar kulit, tata bahan isian dan gulung dengan rapi. Lakukan hingga habis.
- Gulingkan amris ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir kembali. Lakukan hingga habis.
- Masukkan amris yang sudah dipanir ke dalam chiller selama kurang lebih 1 jam agar panir menempel sempurna (kalau mau langsung digoreng juga gak apa sih).
- Goreng amris dalam minyak yang panas dan banyak (deep frying) hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
- Siap dihidangkan dengan saus sambal favorit.




Untuk yang baru belajaran seperti aku, salah satu hal yang 'tricky' dalam pembuatan amris adalah proses penggorengan. Rontokan tepung panir yang tertinggal di dasar wajan bisa membuat amris yang akan digoreng di kloter selanjutnya menjadi jelek. Jadi usahakan membuang endapan tepung panir yang tertinggal di wajan ya. Atau bisa juga memakai 2 buah wajan. Jadi apabila sudah mulai terlihat endapan rontokan tepung panir, segera matikan api kemudian tuang minyak ke dalam wajan kedua dan buang endapan tepung panir. Selanjutnya mulai menggoreng dengan wajan yang kedua. Demikian seterusnya secara bergantian.

 Berikut ini aku kutipkan tips dan trik membuat risoles yang kuambil dari NCC ya. Dan tentunya tips dan trik ini tidak hanya berlaku untuk pembuatan amris aja ya, tapi untuk segala macam varian risoles

 Ada kalanya membuat risoles mengalami kejadian pecah ketika digoreng. Hal tersebut bisa disebabkan karena
1. Risoles terlalu lama digoreng
2. Risoles yang dingin (baru keluar dari kulkas), langsung bertemu suhu tinggi (langsung digoreng)

Untuk mengatasi hal tersebut, maka beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan adalah...
1. Pastikan isian risoles padat dan rapat. Demikian juga dengan proses penggulungannya harus rapat. Kalau aku memakai campuran terigu dan air sebagai perekatnya.
2. Setelah dipanir, masukkan chiller kurleb 1 jam
3. Jika risoles terlihat menggelembung saat digoreng, tusuk perlahan dengan tusuk sate untuk memberi ruang udara keluar. Maka risoles akan mengempis lagi.
4. Menggoreng risoles tidak perlu sampai berwarna coklat tua, cukup hingga kuning keemasan saja karena pada dasarnya risoles sudah ready to eat. Jadi menggoreng untuk mendapatkan tekstur crispy dan warna yang cantik. So...setelah terlihat kuning keemasan segera angkat ya.
5. Apabila risoles baru dikeluarkan dari freezer (risoles frozen), jangan langsung digoreng ya tapi dithawing dulu beberapa saat.






Mari...marii...bikin amris sendiri di rumah, siapa tau cocok dengan selera keluarga. Cocok juga dijadikan sebagai isian snack box. Amris ini baik yang sudah digoreng ataupun yang frozen sudah banyak menjadi andalan jualan bakul kue rumahan lho. Jadi kalau minat...just contact me yaaa *wink*. Pesan sponsor ceritanya...^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==