PENYETAN LELE



Salah satu variasi menu penyetan....pakai lele goreng. Menu penyet memang terkenal di Jawa Timur. Bisa memakai ayam, bebek, iga, telur atau bahkan tahu tempe. Tinggal disesuaikan aja dengan selera. Biasanya kalau yang dijual di warung-warung itu, sambelnya heboh banget pedesnya jadi ada juga yang menyebutnya sebagai sego sambel alias nasi sambel. Biasanya memakai sambel terasi, tapi suka-suka aja deh memakai sambel aja, yang penting dipenyet hihihi. Namanya juga menu penyetan ya pastinya dipenyet donk.

Kali ini aku membuat penyetan lele memakai sambel terasi yang ditambahkan daun kemangi dan air jeruk nipis di dalamnya. Rasanya cocok dengan selera keluargaku. Resep yang kupakai sebenarnya pakai kira-kira aja sih. Seperti biasa kalau masak ya seringnya asal cemplung aja. Kurang lebih resepnya sebagai berikut yaa...

PENYETAN LELE

Bahan :
500 gr lele ukuran sedang, cuci bersih dan buang kotorannya
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
2 cm kunyit
2 sdt ketumbar
1-2 sdt garam
minyak goreng secukupnya

Bahan Sambal :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 cabe merah
5 cabe rawit
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
2 sdt gula merah
1 sdt terasi goreng
1 buah tomat ukuran kecil
1 genggam kemangi
1 sdt air jeruk nipis
 minyak goreng secukupnya

Pelengkap :
lalapan sesuai selera

Cara Membuat :
- Haluskan bawang putih, garam, jahe, kunyit dan ketumbar. Oleskan pada lele yang sudah dibersihkan. Diamkan sejenak hingga bumbu meresap.
- Panaskan minyak, goreng lele hingga kering. Angkat dan tiriskan.
- Sambal : Panaskan minyak, goreng bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit dan tomat. Angkat dan tiriskan.
- Haluskan bahan-bahan yang telah digoreng, tambahkan garam, gula pasir, gula merah dan terasi. Uleg hingga agak halus (jangan terlalu halus ya), tambahkan kemangi dan air jeruk nipis. Uleg hingga rata.
- Sajikan lele di atas sambal dan penyet perlahan. 

Makan dengan penyetan lele dan nasi panas....paas banget. Enak lagi kalau ada sayur asemnya. Tapi tadi pas gak bikin sayur asem euy, biasaa lagi sok sibuk xixixixi. Alasaan...padahal sebenarnya pemalas >.<



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==