ONBITJKOEK



Onbitjkoek adalah salah satu kue khas dari Belanda. Kue ini aromanya juga khas karena memakai rempah-rempah yang bikin harum. Rempah-rempah tersebut diantaranya adalah kayu manis, pala dan juga cengkeh. Tuuh...kebayang kan gimana harumnya. Kalau untuk aku yang pemalas ini, tentunya cari yang praktis aja ya, yaitu dengan memakai bumbu spekoek yang bisa dengan mudah didapatkan di supermarket atau TBK hehehehe. Tapi...next time janji deh mau coba bikin bumbu spekoek sendiri, semoga aja malasnya bisa pergi jauh-jauh :D

Sebenarnya aku sudah lama pengen bikin onbitjkoek ini. Tapi ingat aja kata mamaku, katanya kue ini seret karena tidak memakai mentega atau margarin. Katanya sih, biasanya orang-orang biasa menikmati kue ini dengan dioles mentega atau margarin. Nah...lho..denger kata-kata 'seret' itu deh yang bikin aku akhirnya gak jadi bikin, takut aja kuenya gak laku dimakan euy. 
Kalau resep yang ini, tanggung gak seret deh dan tetap lembut. Resepnya aku dapetin dari salah satu teman di grup dan facebook, yaitu Teh Elya Peppy yang baik dan pinter banget masak. Teh Elya ini kayanya sering bikin onbitjkoek dan ternyata resepnya memakai mentega / margarin leleh. Jadinya pembuatannya mirip dengan spongecake tapi yang ini harum bumbu spekoek-nya terasa banget. Teh Elya...nuhun ya resepnya ^_^
Pengen nyobain juga...yuuk mari cheki-cheki resepnya. 

ONBITJKOEK

Bahan :
8 butir kuning telur
4 putih telur
100 gr gula palem
50 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
125 gr tepung terigu serbaguna
25 gr susu bubuk full cream
1 sdt bumbu spekoek
150 gr margarin, lelehkan
almond / kenari secukupnya untuk taburan

Cara Membuat :
- Siapkan loyang tulban (aku pakai loyang loaf), oles tipis dengan margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
- Campur dan ayak, tepung terigu, susu bubuk dan bumbu spekoek. Sisihkan.
- Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.
- Dengan mixer speed rendah, masukkan campuran tepung. Aduk hingga rata.
- Masukkan margarin leleh, aduk balik hingga rata.
- Tuang ke dalam loyang, oven dengan suhu kurleb 170'C. Setelah 1/2 matang (kurleb 20 menit) beri taburan almond dan lanjutan memanggang hingga matang (kurleb 15-20 menit lagi). Lakukan test tusuk dan test sentuh. Angkat
- Keluarkan dari loyang dan dinginkan di cooling rack.



Tuh...keliatan kan lembutnya. Suka banget dengan aroma gula palem dan rempah-rempahnya. Harum banget dan manisnya pas buatku yang memang kurang suka cake yang terlalu manis. Kalau makan onbitjkoek ditemani segelas teh hangat, kayanya pas banget deh, apalagi kalau pakai baju jadul dan bergaya ala noni noni Belanda *mulai ngelantur gak jelas* Hehehehehe.



My baby...abis mandi langsung minta sepotong onbitjkoek. Anteng deh nonton Barney and friends sambil menikmati kuenya ^_^



Fresh from the oven. Fotonya burem karena dijepret malem-malem, jadi sekalian aja diedit jadi antik-antik gini >.<
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==