MACARONIE SCHOTEL WITH MULTI PAN



Kalau ditanya apa yang jadi favorit di keluargaku, maka macaronie schotel aka makutel pasti termasuk yang ada di dalamnya. Semua suka dengan olahan pasta yang gurih ini. Bikinnya juga mudah dan bisa dikreasikan sesuai selera keluarga. Dan biar kata kandungan lemak makutel ini tinggi, tapi tentunya cukup bergizi untuk anak-anak. Bayangin aja, pasta yang mengandung karbohidrat, susu dan keju sebagai sumber protein dan juga bahan isian lainnya misalnya jamur, sosis, daging atau apapun yang bisa ditambahkan ke dalamnya.

Masih ada sisa keju mozarella di kulkas, entah kenapa yang terbayang bukannya bikin pizza tapi bikin makutel yang diberi topping mozarella. Hmmm...kalau ini sih sebenarnya berkaitan dengan malas. Kalau bikin pizza berarti harus ngeluarin mixer, atau bahkan nguleni sendiri. Belum lagi harus nyalain oven gas atau angkat-angkat otang. Duuh...emang malasnya gak ilang-ilang euy, masa hal kaya gitu aja jadi masalah hihihi. Tapi emang sebenarnya kan sudah terbayang makutel lezat yang bakal jadi favorit keluarga ^_^

Karena masih dalam rangka malas, maka kali ini aku bikin makutel memakai multi pan aja ya. Makutel ini kan anti gagal, makanya pede aja kalau pasti jadi deh. Untuk resepnya karna cukup sering bikin makutel, maka biasanya aku gak pernah nimbang-nimbang lagi deh, cukup pake jurus kiki alias kira-kira wekekekek. Bahan isiannya juga pakai yang ada di kulkas aja, makanya isiannya tuh sepi deh kayanya hihihi. Kurang lebih sebagai berikut yaa...

MACARONIE SCHOTEL WITH MULTI PAN

Bahan :
200 gr macaronie, rebus dengan 1 sdm minyak hingga al dente
1 butir bawang bombang, cincang halus
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
500 ml susu cair
200 gr daging giling
4 sosis, iris tipis
1 lembar smoked beef, iris dadu
100 gr keju cheddar parut halus
1/2 sdt lada
1/4 sdt garam
1 sdt garam
1 sdt oregano
4 butir telur ukuran besar, kocok lepas
2 sdm margarin

Topping :
keju cheddar parut memanjang (skip, pakai mozarella)

Cara Membuat :
- Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna. Masukkan sosis dan smoked beef, aduk rata.
- Tuang susu cair sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata kemudian masukkan macaronie.
- Masukkan keju cheddar parut, aduk rata.
- Bumbui dengan gula, garam dan lada. Test rasa. Matikan api.
- Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata. 
- Tuang ke dalam multi pan (aku oles tipis margarin), taburi dengan oregano.


Bahan Saus Bechamel :
2 sdm margarin (munjung)
4 sdm tepung terigu
400 ml susu cair
50 gr keju cheddar parut halus
garam, gula dan lada secukupnya

Cara Membuat :
- Lelehkan margarin, masukkan terigu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
- Masukkan susu cair sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk.
- Masukkan keju cheddar parut dan bumbui dengan garam, gula dan lada. Masak hingga lembut dan meletup-letup.
- Angkat dan tuang ke atas macaronie. Ratakan.

Penyelesaian : 
- Panggang macaronie hingga setengah matang, taburi dengan topping keju dan lanjutkan memanggang hingga matang dan topping kecoklatan.
- Angkat dan sajikan hangat dengan saus sambal favorit






Kalau udah ada makutel kaya gini nih, mendadak si adek gak doyan nasi deh, yang ada malah lahap banget menikmati makutelnya *gayaaa pisan si adek ya* hihihi. Gampang bikinnya dan cepat abisnya. Alhamdulillah.
Nah...bukan berarti kalau lagi malas gak bisa bikin camilan sehat buat keluarga kan *wink*, tuh tadi buktinya malas nge-mixer, malas nguleni, malas nyalain oven tapi jadi juga. Hahahah... Kalau ini sih karena narsisnya lagi kumat. >.<



Eh ya...kalau aku bikin makutel, hampir dipastikan memakai tambahan saus bechamel atau saus putih. Suka banget karena lembut dan pastinya ngeju.
Happy baking all ^_^
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==