BROWNIES KUKUS MEKAR



Maksud hati menuruti request juragan kecilku yang kemarin minta dibuatin brownies kukus kesukaannya.  Karena hari ini gak ada pesanan browkus, jadinya bundanya berusaha untuk nyobain resep yang lain. Ingat kalau beberapa saat yang lalu di milis dan grup ada yang sharing browkus mekar dengan resep Ny. Liem. Akhirnya siang tadi nguprek sebentar di dapur dan jadilah brownies kukus mekar iniiih...

Hasilnya?? Naira protes >.<  Kok brownies kukus kaya gini sih Bunda? Rasanya juga gak sama dengan yang biasa dibikin. Hihihi...Akhirnya dijelasin kalau Bundanya lagi nyobain resep baru dan dia bisa mengerti. Manggut-manggut sambil mulai makan brownies kukus-nya. Alhamdulillah...


BROWNIES KUKUS MEKAR NY LIEM

Bahan A :
400 gr gula 
4 butir telur
320 ml susu / air
1 sdt vanilla

Bahan B :
400 gr tepung terigu all purpouse
50 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder

Bahan C :
20 gr cake emulsifier

Bahan D :
chocochips secukupnya

Cara Membuat : 
- Campur dan ayak bahan B, sisihkan.
- Kocok bahan A dengan menggunakan mixer selama kurang lebih 5 menit.
- Masukkan bahan B, sambil terus dikocok dengan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.
- Masukkan bahan C, teruskan mengocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan kental sekali. Masukkan chocochips, aduk rata.
- Tuang dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi dengan paper case hingga penuh.
- Masukkan dalam kukusan / klakat yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus dengan api besar selama kurang lebih 20 menit.
- Angkat dan biarkan hangat.





Begitu buka klakat....taraaa...mekar juga. Udah harap-harap cemas aja takutnya gak mekar. Memang mekarnya belum bisa benar-benar merekah yang seperti bunga itu ya. Tapi gak apa lah daripada mingkem . Edisi menghibur diri ini mah hahahaha :D Sempat terpikir untuk membuat browkus mekar ini dengan metode all in one. Tapi ada yang bilang kalau pakai all in one, jadinya bukan bikin browkus donk, tapi bikin bolu kukus. Bener juga yaa....jadinya nurut resep aja deh.

Tekstur browkus mekar ini memang lembut, tapi rasanya kurang nyoklat seperti resep browkus Ny. Liem yang biasa aku pakai. Itu kalau menurutku lho. Enakan yang mana? Semua kembali ke selera masing-masing ya.






close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==