AREM-AREM BAKAR



Kesampaian bikin arem-arem lagi. Ingat kalau Papa suka banget ama arem-arem. Beberapa kali kalau aku jalan keluar seringnya nitip belikan arem-arem dan seringnya gak dapet :(  Jadi dibela-belain deh bikin sendiri. Arem-arem yang ini sebenarnya resepnya tidak berbeda jauh dengan yang dulu pernah kuposting disini. Hanya takarannya saja yang berubah dan kebetulan kali ini aku bikin yang versi bakarnya. Soal rasa sebenarnya mirip-mirip ya antara yang dibakar dan versi aslinya, tapi beneran deh aroma bakaran ini bisa menggugah selera (terutama buat yang lagi laper hihihi).

Arem-arem sendiri sebenarnya mirip dengan lemper ya. Hanya saja kalau lemper terbuat dari ketan, kalau arem-arem terbuat dari beras. Isian arem-arem juga berbeda dengan lemper. Biasanya isiannya berupa sambel goreng, jadi ada cita rasa pedasnya. Arem-arem tentunya cukup mengenyangkan karena memang biasa dimakan sebagai pengganti nasi di waktu sarapan. Laah...kan emang nasi yang dibungkus ya hehehehe.

Isiannya aku cuma pakai ayam aja. Lebih enak kalau dikasih sayuran atau bahkan dibuat sambel goreng kentang. Ada juga yang memakai oncom sebagai isiannya. Disesuaikan aja sesuai selera dan bahan-bahan yang ada ya. Berikut ini resep aku tuliskan lagi dengan takaran bahan yang berbeda dengan yang kuposting dahulu.

AREM-AREM BAKAR 

Bahan :
500 gr beras, cuci bersih
1400 ml santan dari 1,5 butir kelapa
2 lembar daun salam
2-3 sdt garam
daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan Isi :
400 gr fillet ayam, potong dadu kecil
2 sdt garam
1/2 sdt garam atau secukupnya sesuai selera
2 lembar daun salam
2 ruas lengkuas, memarkan
300 ml santan
segenggam daun kemangi kemangi
2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 cabai merah
10 cm kencur

Cara Membuat :
- Isi : Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan dan salam dan lengkuas. Aduk rata.
Masukkan fillet ayam, aduk hingga berubah warna.
- Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk, bumbui dengan garam dan gula. Masak hingga santan menyusut. Masukkan daun kemangi dan aduk hingga layu. Angkat dan sisihkan.
- Rebus santan, daun salam dan garam sambil diaduk. Rebus hingga mendidih.
- Masukkan beras, aduk hingga santan meresap. Angkat.
- Siapkan daun pisang, sendokkan nasi di atasnya, beri isian dan ratakan. Padatkan dan bungkus dengan rapi. Lakukan hingga semua habis.
- Kukus selama kurang lebih 75 menit.
- Bakar sebentar di atas grill atau bara api sebentar saja hingga efek bakarnya terlihat.
- Angkat dan siap disajikan




Sebenarnya aku lebih suka arem-arem yang pedas. Tapi karena anak-anakku juga suka arem-arem, jadi diskip aja deh cabe rawitnya. Alhamdulillah bisa lahap mereka menikmati arem-arem ini. Gara-gara arem-arem ini, jadinya rawon yang kubuat gak laku deeh >.< Semua milih untuk makan arem-arem dibanding makan nasi rawon hihihihi. 



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==