SAMBEL GORENG ATI



One of my favourite menu. Sukaaa banget ama yang namanya sambel goreng ati aka sambel goreng kentang. Seingatku menu ini udah jadi favoritku sejak masih kecil dulu. Inget aja kalau dulu suka megap-megap menahan rasa pedas ketika menyantapnya hihihih. Antara kepedasan, tapi juga keenakan dan itu bikin susah berhenti makan *wink*.
Seperti halnya di keluarga lain, menu ini menjadi menu yang wajib ada di hari-hari special, misalnya Lebaran atau saat Mamaku membuat nasi kuning kalau ada anaknya atau cucunya yang berulang tahun. Karena memang makanan favorit, menu ini gak cuma ada di hari special aja kan ya. Seperti hari ini yang kusempatkan membuat sajian istimewa ini untuk menu keluargaku.

Aku lebih senang sambel goreng ati yang 'nyemek-nyemek' (haduuh....apa ya bahasa Indonesia-nya?). Menurutku lebih mantap dibandingkan yang kering. Tapi semua balik lagi ke selera masing-masing ya. Untuk yang mengurangi atau menghindari santan, bisa diskip santannya.
Melihat penampilan sambel goreng ati yang kubuat sepertinya pedeees banget kan ya. Padahal aslinya gak terlalu pedas hehehehe. Aku hanya memakai 3 buah cabe rawit, namun memakai hampir 250 gr cabe merah besar. Sengaja bikin yang gak terlalu heboh pedasnya karena Naira juga suka dengan sambel goreng ini. Kasian kalau dia gak bisa menikmati gara-gara Bundanya bikin yang terlalu pedas. Kalau pemakaian cabe merah yang banyak, agar warnanya bisa merah cantik. Kalau gak suka hati sapi, bisa diganti dengan hati dan ampela ayam. Versiku ditambah dengan telur puyuh rebus, dan tidak memakai pete. Monggo sesuai selera aja yaaa


SAMBEL GORENG ATI

Bahan :
500 gr kentang, kupas, potong dadu dan goreng
300 gr hati sapi (rebus hingga empuk dan goreng sebentar)
15 butir telur puyuh rebus
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
150 ml santan kental
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
250 gr cabe merah besar
3 buah cabe rawit (sesuai selera)
1 sdt air asam jawa
1 sdm gula pasir (sesuai selera)
1/2 sdm garam (sesuai selera)

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas. Aduk rata.
- Masukkan hati sapi, aduk rata dan biarkan sebentar.
- Tuang santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan kentang dan telur puyuh rebus. 
- Masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Test rasa.
- Angkat dan sajikan.

Jodohnya sambel goreng ini sebenarnya adalah opor. Tapi hari ini aku gak bikin opor, tapi cukup dengan bening bayam dan tak lupa tempe mendoan. Bagiku....it's absolutely yummeeh ^_^



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==