RAINBOW ROLL CAKE PART II



Akhir-akhir ini di grup sedang ramai dengan postingan RRC alias Rainbow Roll Cake. Beberapa waktu yang lalu aku sudah pernah bikin juga dan sudah diposting disini. Saat itu aku memakai base resep steamed rainbow cake. Kebetulan seorang teman lamaku Sari, pengen banget nyobain RRC ini dan minta tolong ke aku untuk buatin. Haaa....kesempatan emas deh untuk nyobain resep yang lagi rame di grup. Maklum aja ya, juragan dapurnya agak pemalas, jadi kalau gak karena orderan ya gak pengen bikin RRC ini wahahahaha.

Resep yang kupakai kali ini adalah resep milik mbak Besta Arlita dan kemudian kumodif lagi sesuai seleraku. Berikut ini resepnya, yang berwarna biru merupakan modif dari aku

RAINBOW ROLL CAKE

Bahan :
7 butir telur ukuran sedang
210 gr tepung terigu serbaguna (200 gr terigu, 5 gr maizena, 5 gr susu bubuk)
1 sdm cake emulsifier
1 sdt vanilla
1 sdm baking powder (1 sdt)
210 gr gula pasir (190 gr)
100 ml susu cair
pewarna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu

Cara Membuat :
- Siapkan 3 loyang 24x24x3 cm atau 2 loyang 30x30x3 cm, oles tipis dengan margarin, alasi kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, maizena, baking powder dan susu bubuk. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak. Tambahkan vanilla. Kocok rata.
- Masukkan campuran tepung, aduk rata.
- Masukkan susu cair, aduk balik hingga rata.
- Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak, kemudian masing-masing bagian dibagi lagi menjadi 6 bagian dan beri warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu.
- Masukkan adonan ke dalam piping bag dan semprotkan melintang di atas loyang.
- Kukus selama kurleb 10 menit dalam kukusan yang sudah dipanaskan.
- Angkat dan balikkan di atas kertas roti.
- Panas-panas gulung bersama kertas rotinya dan biarkan hingga hangat.
- Buka gulungannya dan beri filling selai atau buttercream. Gulung lagi sambil dipadatkan.




Karena ordernya hanya 2 loyang, maka ada sisa 1 loyang yang bisa kunikmati bersama keluarga. Tester donk ceritanya hihihih. Tester kok 1 loyang yak. Teksturnya lembut dan manisnya sesuai dengan selera keluargaku. Untuk yang lebih suka manis, gula bisa ditambahkan hingga 210 gr ya.



Bikinnya emang rempong beneer. Walau proses pengukusan hanya 3x (klakatku gak muat kalau ngukus 3 loyang sekaligus ^^), tapi yakin deh rempongnya gak kalah dengan kalau bikin rainbow cake yang proses pengukusannya selapis demi selapis. Malah menurutku lebih ribet bikin RRC ini deh. Kalau rainbow cake adonan yang sudah diwarnai tinggal tuang aja ke loyang kemudian kukus. Kalau RRC ini....setelah diwarnai masih ada beberapa proses yang harus dikerjakan euy.

Untuk Sari, RRC ini masing-masing aku beri filling buttercream dan chocolate cream. Alhamdulillah...beliau berkenan dan suka dengan RRC-nya. Thanks for ordering ya mbakyu Sari.


Adonan yang sudah dimasukkan ke dalam piping bag.


Cara menyemprotkan adonan ke dalam loyang, yaitu dengan arah melintang. Atau bisa juga sih dengan cara vertikal dan horisontal biasa. Sesuai selera ajah yaaa..

So...ingin melatih kesabaran dengan menaklukkan RRC? Pasti bisaaa...
Next project kita bikin yang versi panggang ya. ^_^ Now, happy steaming your RRC yaa


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==