PASTEL TUTUP (LBT#19)



Pastel tutup adalah salah satu snack gurih yang tidak sudah tidak asing lagi. Bisa dikatakan kalau pastel tutup adalah  sajian pie ala Indonesia, sehingga orang Belanda menyebutknya sebagai Indische Pastel. Bahan utama yang biasa digunakan dalam pembuatan pastel tutup adalah kentang yang dihaluskan dengan isian berupa daging giling, sayuran, telur rebus, jamur dan juga soun / bihun. Pastel tutup dapat dikatakan sebagai salah satu snack yang kaya gizi. Gimana gak kaya gizi ya, karena di dalamnya terkandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. 




Kebetulan banget kalau di bulan ini, tema LBT#19 adalah pastel tutup. Favoritku banget deh. Duluuu...pernah juga posting posting tentang pastel krukup aka pastel tutup ini. Sebenarnya setiap bikin pastel tutup selalu pakai jurus cemplang cemplung aja. Disesuaikan dengan seleraku dan juga bahan-bahan yang ada di kulkasku ^^. Kali ini aku membuat pastel tutup dengan isian tuna. Enak juga kok. Lagi gak punya jamur di kulkas, yang ada cuma jagung manis, telur puyuh dan wortel aja. Dimaafkan ya, kalau isiannya seadanya. Untuk isiannya aku juga membuat yang versi kering, jadi tidak terlalu creamy karena menyesuaikan dengan selera suamiku.


PASTEL TUTUP

Bahan Pure Kentang :
1 kg kentang kualitas baik
4 sdm margarin + butter (aku mix keduanya)
1 sachet susu bubuk full cream 
2 kuning telur
1 sdt merica
1 1/2 sdt garam

Bahan Isian :
1 bawang bombay, iris halus
2 siung bawang putih, geprek dan cincang
350 gr fillet tuna, iris dadu kecil
200 gr wortel potong dadu kecil
25 butir telur puyuh rebus
1 kaleng jagung manis (tiriskan airnya)
100 gr soun, siram dengan air panas dan tiriskan
2 helai daun bawang, iris
250 ml air kaldu
1 sdm saus teriyaki
garam, merica dan gula secukupnya
2 sdm margarin

Bahan Olesan :
2 butir kuning telur

Topping :
Pure kentang + wortel parut + tepung terigu secukupnya
Keju cheddar parut

Cara Membuat :
- Pure kentang : Kupas kentang, potong-potong dan kukus hingga matang. Panas-panas lumatkan hingga halus, dinginkan. Campurkan kentang halus dengan margarin, susu bubuk, kuning telur dan bumbui dengan garam serta merica. Aduk rata. Sisihkan.
- Isian : Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
- Masukkan fillet tuna, aduk hingga berubah warna. Masukkan wortel. Aduk rata.
- Tuang air kaldu sedikit demi sedikit, kemudian masukkan jagung manis, telur puyuh dan soun. Bumbui dengan saus teriyaki, garam, merica dan gula secukupnya. Test rasa hingga pas.
- Masak hingga air menyusut. Masukkan irisan daun bawang dan aduk rata. 
- Angkat

Penyelesaian :
- Siapkan pinggan tahan panas (aku pakai ukuran 28cm x 18 cm), oles tipis dengan mentega. (bisa juga pakai alufoil ya)
- Masukkan pure kentang ke dalam piping bag, potong ujungnya dan semprotkan ke dasar pinggan (selapis aja ya)
- Beri isian di atasnya, ratakan dan tutup kembali dengan pure kentang.
- Olesi seluruh permukaannya dengan kuning telur dan beri topping sesuai selera.
- Panggang dalam oven 170'C selama kurang lebih 30 menit.
- Sajikan hangat

Dengan bahan isian seperti yang kutulis diatas, masih ada sisa sedikit. Ternyata dijadikan lauk juga enak lho, karena memang teksturnya yang kering jadi mirip tumisan biasa. Anakku doyan banget makan nasi dengan lauk sisa isian pastup hihihih. Jurus pengiritan yang kesekian kalinya :D



Perjuangan sesungguhnya dalam membuat pastel tutup kali ini adalah waktu bikin bunga-bunganya ^^
Bunga orange itu terbuat dari campuran pure kentang dengan wortel parut halus dan diberi tepung terigu secukupnya hingga bisa dibentuk. Daaan....ternyata susah bagiku untuk membentuknya. Pure kentang yang sudah lembut dan ditambahkan wortel parut akan membuat teksturnya menjadi lebih basah. Tentunya menjadi sulit dicetak kan. Akhirnya aku tambahkan lagi tepung terigunya hingga akhirnya bisa kucetak dengan memakai cetakan fondant hihihih. 
What a big surpraise....ketika matang, hiasan bunga-bunga itu menjadi crunchy dan tetap terasa aroma wortelnya lho. Ternyata gak sia-sia juga berkutat dengan bunga-bunga ini, karena anakku suka banget makan pastup bunga. Alhamdulillah...


Isiannya kurang lengkap, karena tanpa kacang polong dan juga jamur hihihi. Tuuh bisa diintip isiannya dari sisi pinggannya. 



Anyone?? Sajikan dengan saus sambal favorit ya. Happy Baking Pastup ^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==