PANDAN CHIFFON CAKE



Nge-chiffon lagi, kali ini bikin chiffon pandan. Sengaja kubuat untuk bekal yang akan kubawa saat ke luar kota. Gayaaa euy ke luar kota bekalnya chiffon hihihihi. Sebenarnya chiffon ini kurang berhasil. Di bagian atasnya masih nampak basah atau belum kering, padahal waktu pemanggangan sudah lama bangeeet. Yang bikin juga udah ngantuk berat, karena chiffon ini dibuat tengah malam. Akhirnya nekad kukeluarkan aja dari oven dan langsung dibalikkan. Esok paginya baru kukeluarkan dari loyaaang dan ada lapisan tipis seperti bantat di bagian atasnya. Huhuhuhuhu.

Karena cuma sedikit aja, jadinya kuiris dan penampakan di foto ya lapisan yang baik-baik ajaa euy :D Rasanya....tetap juara menurutku (bikin sendiri, dimakan sendiri daaan....dipuji sendiri hahahah). Belum tentu juara menurut orang lain lho ya. Maklum aja, yang bikin pecinta pandan dan chiffon cake. Resepnya aku memakai resep favorit dari NCC yang sudah terbukti enaknya.

PANDAN CHIFFON CAKE

Bahan Adonan Pasta :
50 gr gula kastor
20 gr susu bubuk full cream
20 gr tepung maizena
140 gr tepung terigu (aku pakai protein rendah)
1 sdt BPDA (aku pakai 1,5 sdt BP biasa)
100 ml minyak sayur
100 ml santan
140 gr kuning telur (kurleb dari 9 kuning telur)
1 sdm pasta pandan

Bahan Adonan Putih Telur :
300 ml putih telur (kurleb dari 9 putih telur)
150 gr gula kastor
1/2 sdt garam halus
1 sdt air jeruk nipis

 Cara Membuat :
- Panaskan oven 150'C
- Adonan Pasta : campur gula kastor, susu bubuk, maizena, tepung terigu dan BP. Buat lubang di tengahnya dan tuang telur sambil diaduk searah dari arah dalam menggunakan whisker.
- Tuangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata dan sisihkan.
- Adonan Putih Telur : Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan air jeruk nipis, garam dan gula pasir sedikit demi sedikit. Kocok hingga soft peak.
- Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, sedikit demi sedikit. Aduk perlahan hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang chiffon diameter bawah 20 cm tanpa dioles apapun ( kalau aku, sebelum dituang adonan, loyang dimasukkan oven hingga panas, kemudian diperciki air matang baru kemudian dituangkan adonan).
- Panggang selama kurang lebih 90 menit hingga matang , lakukan test tusuk dan test sentuh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
- Keluarkan dari oven, panas-panas balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang atau bila tidak ada bisa disangga dengan botol.
- Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
- Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang untuk mengeluarkan kue, demikian juga di dasarnya.
- Potong-potong sesuai selera.




Suka banget dengan lembutnya chiffon cake ini, apalagi kalau ditambah harumnya aroma pandan. Yummeeeh. Dan jadinya chiffon cake ini cuma sedikit aja yang dijadikan bekal ke luar kota, soalnya sebagian besar udah disantap saat sarapan hihihi.
Alhamdulillah....seneng banget kan kalau buatan kita laris manis dinikmati keluarga.



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==