KUE LUMPUR LABU



Bikin kue lumpur (lagi dan lagi). Kali ini bikin yang memakai labu. Kebetulan punya kabocha atau labu jepang yang masih duduk manis di sudut dapur, jadi harus segera diberdayakan. Liat tuh penampilan kue lumpur labunya, cantik kan *pede-nya kumat* hihihihi. Rasanya juga dijamin enak, lembuuut banget deh. Yah...gimana lagi, bikin sendiri, dimakan sendiri akhirnya ya dipuji sendiri juga.

Resepnya masih memakai resep andalan dari NCC, karena aku udah cocok banget dengan resep tersebut. Aku bikin 1/2 dari resep asli dan jadi kurang lebih 30 pcs kue lumpur ukuran sedang.

KUE LUMPUR LABU

Bahan :
500 gr kabocha / labu jepang (pakai labu biasa juga oke)
250 gr tepung terigu
250 gr gula pasir
3 kuning telur
2 putih telur 
1/2 sdt garam
1 sdt vanilli
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa (aku pakai 450 ml)
100 gr margarin, lelehkan
1 lembar daun pandan, simpulkan
kismis secukupnya untuk toping 

Cara Membuat :
- Kukus labu, panas-panas haluskan hingga lembut dan biarkan dingin.
- Rebus santan bersama daun pandan hingga mendidih, dinginkan.
- Kocok telur dan gula pasir hingga gula larut, putih dan mengembang. Masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
- Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata.
- Masukkan terigu sedikit demi sedikit berselang-seling dengan labu. Aduk hingga rata.
- Masukkan margarin leleh, aduk rata.
- Panaskan cetakan kue lumpur, oles tipis margarin. Tuang adonan hingga 3/4 penuh, tutup.
- Setelah 1/2 matang taburi topping, tutup kembali dan masak hingga matang.
- Angkat dan dinginkan.




Pemakaian santan pada kue lumpur labu ini sedikit dikurangi dari resep aslinya karena labu memiliki kadar air yang lebih banyak dibandingkan dengan bila memakai kentang. Jadinya tetap lembut banget. Bahkan ada yang bilang kalau rasanya lebih enak dibandingkan dengan kue lumpur kentang lho. Tentunya semua kembali pada selera masing-masing ya...
Eh ya...warna kue lumpur ini asli lho tanpa pewarna sama sekali. Warna kabocha yang orange cantik bikin kue lumpur ini jadi cerah juga warnanya ^_^



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==