CUMI MASAK KARE (IDFB Challenge#7)



Masak kare yuuk. Konon kare atau curry berasal dari India. Masakan ini kemudian menjadi makanan yang cukup populer dengan berbagai macam variasi. Di Indonesia, khususnya Sumatra kare menjadi masakan yang dengan mudah dapat dijumpai baik itu sebagai menu di meja makan ataupun di rumah makan. Kare sendiri terbuat dari berbagai macam rempah-rempah sehingga cita rasanya menjadi cukup khas.
Di Indonesia, salah satu bahan utama pembuatan kare adalah santan. Sedangkan di India selain menggunakan santan, kare juga biasa dimasak dengan menggunakan yoghurt atau susu. (source : IDFB)

Kebetulan IDFB (Indonesian Food Blogger) Challenge #7 kali ini mengusung tema Indonesian curry. Di Indonesia kare memang dapat divariasikan dengan berbagai macam bahan, misalnya seafood, ayam, daging kambing, jerohan, daging sapi dan juga sayuran.
Ini adalah pertama kalinya aku ikut meramaikan IDFB Challenge. Sebenarnya kurang pede juga untuk ikut karena kemampuan untuk jeprat jepret yang masih terbatas banget, belum lagi ilmu masaknya juga masih pas-pasan. Tapi karena ingin mendapatkan pengalaman dan ilmu baru, nekad aja ya ikut meramaikan IDFB heheheheh.

Karena kebetulan ada stok cumi, jadi aku pakai aja ya untuk diolah menjadi cumi masak kare. Dulu pernah juga posting resepnya disini, sedangkan original recipe bisa diklik disini. Namun kali ini aku mengolahnya tanpa menggunakan bahan isian. Berikut ini resepnya ya...

CUMI MASAK KARE

Bahan :
500 gr cumi ukuran sedang
1 sdm air jeruk nipis
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 asam kandis
500 ml santan
1 sdm bubuk kare (optional)
1,5 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
10 cabe rawit
1 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit (bakar)
3 butir kemiri sangrai
1 sdm ketumbar butiran
1 sdt jinten

Cara Membuat :
- Bersihkan cumi-cumi, buang tintanya, masukkan kepala cumi ke dalam badannya dan sematkan dengan lidi. Kucuri cumi dengan air jeruk nipis dan beri garam serta merica secukupnya. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, asam kandis dan serai. Aduk rata.
- Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk, masak hingga mendidih. Bumbui dengan garam, merica, gula dan bubuk kare. Test rasa hingga pas.
- Masukkan cumi, masak sebentar hingga bumbu meresap. Masukkan cabe rawit.
- Matikan api dan siap dihidangkan.





Gak pede banget ama fotonya euy, secara gak nyadar-nyadar kalo cuminya tuh tenggelam >.< Selama ini kalau masak kare, memang lebih suka dengan kuah yang banyak, karena anak-anakku kurang suka dengan kare yang terlalu kental. Jadi harap maklum ya kalau penampilan kare-nya jadi begini *maksaaa*


And this is it....


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==