BANANA SPONGECAKE



Udah lama banget gak bikin banana cake. Kebetulan minggu lalu ada pisang kepok hasil kebun yang sudah matang. Karena minggu lalu banyak kesibukan dan ada acara keluarga di luar kota, jadinya udah gak sempat mengolah si pisang kepok. Jadinya pisangnya duduk manis aja di kulkas. Karena kebetulan minggu ini sudah luang waktunya, jadi disempetin deh untuk bikin banana cake.

Biasanya kalau bikin banana cake, seringnya memakai resep buttercake. Kali ini pengen nyobain bikin chiffon cake atau spongecake. Karena niat bikinnya malam hari setelah anak-anak sudah tidur, batal deh untuk bikin chiffon cake, karena udah kemaleman hihihi. Jadinya nyoba bikin dengan spongecake aja ya. Resep aslinya adalah resep milik Pak Sahak Pribadi dan aku buat 1/2 resep aja karena dikonversikan dengan loyang yang aku punya.

BANANA SPONGECAKE

Bahan A : 
5 kuning telur
3 putih telur
50 gr gula pasir
50 gr gula palem
10 gr cake emulsifier

Bahan B :
100 gr tepung terigu protein rendah (bisa juga pakai serbaguna)
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
(campur dan ayak semua bahan menjadi 1)

Bahan C :
3 buah pisang ambon / kepok yang benar-benar matang ---> haluskan
1 sdm essens pisang

Bahan D :
100 gr margarin/butter, lelehkan

Cara Membuat :
- Siapkan loyang tulban diameter 22 cm, oles tipis dengan margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
- Kocok bahan A hingga mengembang dan kental berjejak.
- Masukkan bahan B, aduk rata.
- Pisang yang telah dihaluskan diberi essens pisang dan masukkan ke dalam adonan. Aduk rata.
- Tuang margarin leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang dan panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 40 menit hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Angkat dan dinginkan.





Suka banget dengan harumnya aroma pisang yang berpadu dengan aroma gula palem. Kerasa bener lho harumnya. Karena memakai base spongecake, maka tekstur cake ini menjadi lembut banget dan tentunya tidak sekokoh buttercake. Penggemar banana cake, Insya Allah bisa cocok dengan resep ini. ^_^

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==