ZEBRA CAKE PUTIH TELUR



Edisi membongkar 'harta karun' di kulkas, akhirnya aku keluarkan sebagian stok putih telur yang masih duduk manis di freezer. Yup...putih telur yang disimpan di wadah tertutup rapat dan diletakkan di freezer konon bisa awet hingga setahun. Aku sendiri belum pernah sih menyimpan putih telur sampai sedemikian lamanya. Apabila putih telur disimpan dalam freezer pastikan untuk men-thawing terlebih dahulu sebelum diolah ya. 

Sebenarnya aku pengen banget bikin pavlova, tapi kok ya kebetulan gak ada stok buah sama sekali di rumah. Batal deh..dan kuputuskan untuk membuat cake kukus saja hihihi...jauh banget ya melencengnya :D Original recipe dari Tuti Fruity-nya Ny. Liem yang dimodif menjadi motif zebra dan disesuaikan dengan bahan-bahan yang aku punya. Kali ini aku hanya memakai 300 ml putih telur dan memakai loyang bulat diameter 18 cm. 

ZEBRA CAKE PUTIH TELUR 

Bahan A :
300 ml putih telur
130 gr gula kastor (bisa ditambah bila ingin lebih manis)
1/4 sdt garam
1 sdt cake emulsifier
1/2 sdt vanilla

Bahan B :
150 gr tepung terigu serbaguna 
1/2 sdt baking powder

Bahan C :
40 gr margarin, lelehkan
1 sdt essens coffenoir (aslinya pakai almond essence)

Bahan D :
Pasta black forest / pasta coklat secukupnya

Cara Membuat :
- Panaskan kukusan, siapkan loyang bulat 18 cm, oles tipis margarin, alasi kertas roti dan oles margarin  kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu, sisihkan.
- Bahan A : kocok putih telur hingga mengembang, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil terus dimixer. Masukkan garam, emulsifier dan vanilla bubuk. Kocok hingga mengembang dan kental.
- Masukkan bahan B sedikit demi sedikit, aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata (bisa juga dengan mixer speed rendah)
- Tuang bahan C, aduk balik perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata, beri salah satu bagian pasta black forest / pasta coklat, aduk rata.
- Dengan menggunakan sendok sayur, tuang adonan di tengah loyang. Tuang adonan putih berselang seling dengan adonan coklat. Lakukan hingga adonan habis.
- Kukus selama kurang lebih 20 menit hingga matang (tutup kukusan dibungkus serbet bersih ya).
- Angkat dan dinginkan.




Menurutku rasa manisnya sudah pas dengan selera keluargaku yang memang kurang suka cake yang terlalu manis. Apabila suka dengan cake yang manis, takaran gula bisa ditambahi sendiri ya. 
Naira suka sekali melihat cake ini, suka juga makannya dan tak lupa request..."Bunda besok bikin zebra pink ya" ^_^
Yang lebih aneh ya Adek, ketika cake ini dibuat dia sedang tidur siang. Ketika makan sore dengan menu soto daging, baru dia tau kalau ada cake ini di meja. Akhirnya....adek makan nasi soto daging berselang seling dengan makan cake zebra. Alamaaak >.<



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==