VANILLA ROLL CAKE



Roll cake ini memakai resep andalan Mamaku yang sudah berumur hampir 30 tahun. Aku ambil langsung dari buku resep milik Mama yang semuanya ditulis tangan. Banyak resep-resep oke di dalam buku itu, jadi walaupun bukunya sudah berwarna kecoklatan bahkan sebagian sudah ada yang rusak dimakan rayap, buku itu tetap aku simpan baik-baik. Kata Mama, resep roll cake ini sudah dipraktekkan Mama sejak kami masih tinggal di Semarang dahulu. Hmmm...sejak umur 5 tahun kami sudah pindah dari Semarang, jadi memang resep roll cake ini sudah berumur hampir 30 tahun kan hehehehe.

Seperti halnya cake yang memakai lebih banyak kuning telur, memakai sedikit terigu dalam resepnya, maka tekstur roll cake ini lembuut sekali. Walau hanya memakai margarin, rasanya tetap enak. Silahkan dimodifikasi sendiri menjadi roll cake pandan, mocca ataupun coklat. Tetap enak dan lembut. Kalau Mama biasa membuatnya dengan spongecake method, maka aku lebih suka membuat roll cake ini dengan all in one method. Lebih praktis dan hasilnya juga tetap lembut.

VANILLA ROLL CAKE

Bahan :
9 kuning telur
3 putih telur
90 gr gula kastor
30 gr tepung terigu protein rendah (atau bisa pakai protein sedang)
20 gr maizena
1 sdt cake emulsifier
1 sdt vanilla (aku pakai vanilla susu L'Arome)
80 gr mentega, lelehkan

Filling :
selai, buttercream atau ganache

Cara Membuat :
- Siapkan loyang 30x30x4 cm, oles margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarine kembali. Sisihkan.
- Campur dan ayak terigu dan maizena.
- Dalam suatu wadah, campurkan kuning telur, putih telur, gula kastor, campuran terigu + maizena dan emulsifier. Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata. Lanjutkan mengocok dengan mixer speed tinggi hingga adonan mengembang dan kental berjejak.
- Masukkan vanilla, kocok rata. Matikan mixer.
- Masukkan mentega leleh, aduk balik hingga tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang, ratakan dan hentakkan perlahan loyang ke lantai / meja untuk mengeluarkan gelembung udara yang ada di adonan.
- Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurleb 15 menit hingga permukaannya berkulit. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Angkat dan balikkan di atas kertas roti atau serbet bersih. Balikkan lagi di atas cooling rack hingga dingin (permukaan yang berkulit ada di atas).
- Setelah dingin, balikkan lagi di atas kertas roti, oles dengan selai atau filling sesuai selera. Gulung dan padatkan beserta kertas rotinya. Biarkan terbungkus kertas roti selama beberapa saat agar set (bisa dimasukkan kulkas)
- Buka perlahan kertas roti agar permukaan roll cake tetap mulus dan cantik. Potong-potong sesuai selera.


Note :
- Pengovenan roll cake (bolgul) hendaknya jangan lebih dari 20 menit, karena cake yang terlalu kering akan sulit digulung dan menjadi retak atau pecah.
- Kenali karakteristik oven karena pengovenan roll cake memang sedikit 'tricky' dibanding cake biasa. 
- Penambahan maizena dimaksudkan agar cake lebih lentur dan memudahkan untuk digulung.

Lembut dan moist banget. Mamaku senang sekali waktu aku bawakan roll cake ini. Alhamdulillah. Karena lembutnya, makan 2-3 potong serasa masih kurang lho. Ini sih memang karna lapar kali ya :D





Whuaaa...foto-fotonya gak ada yang bener ya kali ini, jelek semua T_T 
Memang sih selama ini juga belum bisa bikin foto yang oke, tapi kali ini lebih parah dari biasanya. Mungkin memang lagi gak mood pegang kamera ya. Udah malas juga mau jepret-jepret lagi, keburu habis juga roll cake-nya hahahaha. So...harap maklum ya...tukang jepret amatir yang masih belajaran niy ^_^

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==