UDANG CRISPY



My simple menu today....salah satunya adalah udang crispy. Cukup mudah dan cepat pembuatannya, jadi sesuai lah denganku yang selalu sok sibuk ini *wink*. Dulu sering banget mencoba berbagai resep udang crispy, mulai dari resep yang memakai tepung beras, tepung terigu atau bahkan dicampur dengan maizena dan baking powder. Macam-macam lah. Sampai akhirnya aku mencoba resep yang satu ini, dimodif lagi hingga sesuai selera keluarga dan akhirnya dipakai terus sampai sekarang. Mohon maaf karena udah lama banget, jadi lupa sumbernya darimana. 

Resep ini selalu aku pakai bila membuat udang atau cumi goreng tepung. Suka banget dengan hasilnya yang crispy dan juga gurih. Bagiku tetap berlaku rumus say No to MSG dan juga kaldu bubuk siap pakai. Tetap enak kok, tinggal kita sesuaikan dengan selera keluarga aja. Untuk yang ingin mencoba, check the recipe ya...

UDANG CRISPY

Bahan :
500 gr udang kupas (bila suka bisa diikutkan kulit dan kepalanya)
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
minyak goreng

Bahan Pelapis :
 2 putih telur, tambahkan sedikit air ---> kocok lepas
3 sdm munjung tepung terigu + 1/2 sdt garam + 1/4 sdt lada bubuk ---> aduk rata
tepung roti secukupnya

Cara Membuat :
- Bersihkan udang, beri air jeruk nipis, garam dan merica bubuk. Aduk rata dan simpan kurleb 30 menit dalam lemari es.
- Siapkan 3 buah wadah, masing-masing untuk tepung terigu, putih telur dan tepung roti.
- Keluarkan udang dari dalam lemari es, gulingkan ke dalam tepung terigu hingga tertutup rata, celupkan ke dalam putih telur dan terakhir gulingkan ke dalam tepung panir hingga tertutup rata. Bila menginginkan lapisan tepung yang lebih tebal, proses ini bisa diulang hingga 2x.
- Panaskan minyak dalam jumlah yang cukup banyak, goreng udang dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
- Angkat dan tiriskan, siap dihidangkan hangat.


Sukaaa banget dinikmati hangat, fresh dari wajan trus dicocol saus sambal favorit dan saus mayonaise. Digadoin enak...dimakan pakai nasi juga cocok-cocok ajah, yang jelas tetap kriuk-kriuk ^_^



Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »