SUS TIGER



Bikin sus lagi yuuk..... Ini kue kesukaan Papaku, jadi dengan senang hati aku sering-sering bikin untuk beliau. Bagiku membuat sus itu menyenangkan, karena selain mudah juga cepat habisnya :D Isiannya bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Kalau aku tetap suka dengan isian vla vanilla. 

Beberapa waktu yang lalu melihat postingan mbak Hesty tentang sus tiger atau sus yang ada toppingnya. Ada juga yang menyebutnya sus Jepang Asliii...jadi pengen banget. Dulu banget pernah bikin sus yang mirip-mirip sus tiger, yaa...bisa dibilang sus tiger wannabe lah hehehehe, yaitu sus topping coklat. Terdapat banyak resep untuk topping sus-nya. Untuk kali ini aku memakai resep topping ala Pak Sahak Pribadi yang sudah aku modif sedikit. Kalau untuk resep sus-nya aku tetap memakai resep yang biasa aku pakai. 

SUS TIGER

Bahan :
200 ml air
125 gr margarin
150 gr tepung terigu
3 butir telur ukuran besar (bisa juga memakai 4 butir telur ukuran sedang/kecil)

Bahan topping / tiger :
50 gr tepung terigu
50 gr unsalted butter
50 gr gula halus (aku pakai gula aren)
1 sdm air 
(kocok semua bahan menjadi 1 hingga tercampur rata dan masukkan ke dalam piping bag)

Filling :
vla vanilla, vla keju, vla coklat atau juga vla napoleon sesuai selera

Cara Membuat :
- Masak air dan margarin hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis dan adonan menjauh dari tepi panci. Angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata. Matikan mixer
- Masukkan adonan ke dalam piping bag dan semprotkan di atas loyang yang sudah dioles tipis margarin. Lakukan hingga adonan habis.
- Semprotkan bahan topping membentuk motif spiral dari tengah atas sampai ke bawah.
- Panggang dengan suhu tinggi 200'C selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang. Ingat jangan sesekali membuka oven sebelum sus matang ya.
- Angat dan dinginkan di cooling rack, siap untuk diberi filling sesuai selera.

Aku sengaja menyemprotkan topping tidak rapat-rapat motifnya sehingga diperoleh topping yang terkesan 'jarang-jarang' seperti sus tigerku ini. Kalau ingin toppingnya lebih rapat, maka semprotkan bahan topping dengan jarak yang berdekatan ya. Duuuh...semoga paham dengan bahasaku ini, soalnya aku sendiri juga bingung nulisnya >.<




Toppingnya...so chruncy, dengan rasa manis yang pas menurut seleraku. Apalagi harum aroma gula arennya tetap terasa lho. Anyone??
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==