FRUITY BLACK FOREST FOR US :)



Sudah lamaaa banget gak makan black forest buatan sendiri. Seingatku terakhir kali adalah saat membuat black forest untuk ultah adek yang ke-2. Hampir setahun hahahaha. Saat membuat orderan black forest minggu kemarin, ingat akan kata-kata suamiku yang bilang kalau harum aroma black forest yang baru matang bikin pengen aja. Duuh...melas banget ya, selama ini hanya mencium aroma cake orderan :D

Karena ingat di kulkas masih ada dark cherry, maka niat banget deh hari ini mau bikin black forest buat keluargaku. Bikinnya kecil aja, memakai loyang bulat ukuran 18 cm. Base cake-nya memakai spongecake coklat ala Yongky Gunawan yang sudah terkenal enak dan lembut. Untuk resep yang lebih ekonomis tapi tidak kalah enak bisa memakai resep NCC seperti yang dulu pernah kuposting disini.

Sayangnya....setelah cake jadi dan siap untuk mengocok whipcream, aku baru sadar kalau whipcream bubuknya tinggal sedikit aja dan gak akan cukup untuk dijadikan filling..whuaaa. Padahal filling whipcream dan dark cherry itu yang paling aku suka dari black forest. Mau keluar ke TBK juga gak mungkin karena anakku lagi tidur dan gak ada orang lagi di rumah. Mau dilanjutin nanti juga udah tanggung banget karena siangnya juga ada janji untuk nganterin Mama. Jadi...mohon dimaklumi ya kalau akhirnya fillingnya hanya vla dark cherry saja. Olesan whipcream di sekeliling cake juga tipis-tipis saja karena takut tidak cukup untuk border cake-nya.

Sengaja aku beri topping buah, karena memang keluargaku pecinta buah. Lagian seger yak...dimakan di siang hari yang panas, sesaat setelah cake dikeluarkan dari kulkas...hmmm.  Untuk Bunda Ricke Indriani owner Ordinary Kitchen, makasiih ya sharingnya, udah sukses bikin aku pengen makan black forest hihihih ^_^
Udah kepanjangan ceritanya, so check the recipe ya. Untuk 3 loyang bulat ukuran 18 cm, aku hanya membuat 1/2 dari resep di bawah ini.


FRUITY BLACK FOREST

Bahan Spongecake Coklat ala Yongky Gunawan :
8 kuning telur
7 butir telur utuh
200 gr gula kastor
15 gr emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
1 sdt vanilla
100 gr tepung terigu protein rendah (bisa juga pakai protein sedang)
25 gr maizena
25 gr coklat bubuk
15 gr susu bubuk full cream
150 gr butter, lelehkan
2 sdm pasta black forest (optional)

Filling :
Simple syrup
Whipcream kocok (skip)
Vla dark cherry

Topping :
Whipcream kocok
Buah sesuai selera

Cara Membuat Spongecake Coklat :
- Siapkan 3 buah loyang ukuran 22-24 cm, oles dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
- Campur dan ayak, tepung terigu, maizena, coklat bubuk, vanilla dan susu bubuk. Sisihkan.
- Kocok kuning telur, telur utuh, gula kastor dan emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak (apabila batang mixer diangkat, adonan akan turun secara perlahan).
- Masukkan campuran terigu, aduk balik dengan menggunakan spatula atau dengan mixer kecepatan rendah, hingga tercampur rata.
- Masukkan butter leleh dan pasta black forest. Aduk balik dengan spatula hingga benar-benar tercampur rata dan homogen.
- Tuang ke dalam 3 buah loyang dan panggang dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 180'C selama kurang lebih 25-30 menit hingga matang. Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Keluarkan dari oven, segera balikkan dari loyang dan dinginkan.

Penyelesaian :
- Ambil selembar cake, percikii dengan simple sirup, beri whipcream kocok (skip) dan vla dark cherry.
- Tutup dengan selembar cake dan lakukan hal yang sama.
- Tutup dengan cake ketiga, perciki simple syrup, oles seluruh permukaan cake dengan whipcream kocok.
- Hias sesuai selera dan dinginkan di dalam kulkas.


SIMPLE SYRUP

Bahan :
50 gr gula pasir
150 ml air

Cara Membuat :
- Campur gula pasir dan air, panaskan dengan api kecil TANPA DIADUK hingga seluruh gula larut.
- Matikan api, aduk-aduk dan dinginkan.

VLA DARK CHERRY

Bahan :
1 kaleng dark cherry, pisahkan buah dan airnya
250 ml air dark cherry (air dark cherry kalengan ditambah air hingga250 ml)
50 - 75 gr gula pasir (tergantung selera manis)
3 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air dark cherry

Cara Membuat :
- Potong dadu kecil dark cherry. Sisihkan.
- Masak air dark cherry dan gula hingga mendidih, masukkan potongan dark cherry. Aduk rata.
- Masukkan larutan maizena sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Masak hingga mengental dan meletup-letup.
- Matikan api dan dinginkan.


Didekor ala kadarnya karena sudah diburu waktu untuk mengantar Mama. Pulang dari mengantar Mama, keluarin cake dari kulkas, jepret-jepret seadanya dan langsung dipotong deh. Alhamdulillah....akhirnya kesampaian juga makan black forest homemade.
Sewaktu aku memotong 1 slice besar untuk suamiku, dia sempat protes. Kegedean, ntar gak habis lho, gitu katanya. Kubilang..."coba dulu deh, lupa ya lama gak makan black forest, ini cake-nya lembut dan ringan, bukan cake yang berat dan cepat mengenyangkan". Setelah beliau menikmati black forestnya dengan waktu yang singkat, keluar juga kalimat sakti untukku...Enaak. Ternyata benar cake-nya ringan dan lembut. ^_^
 Kalau anak-anakku sudah sibuk aja dengan pagar coklatnya. Gak kuatir anak-anak batuk karena makan coklat ya, asalkan selalu memakai coklat yang berkualitas baik.





The slice....*tutup muka malu gak bisa motong rapi*. Besok deh coba potong lagi yang rapi jadi bisa gantiin foto yang ini hahahahah  :D


close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==