COLENAK



Ini dia colenak ala dapurku, gak mirip ya dengan versi aslinya? Maafkan ya teman-teman yang berasal dari Bandung kalo gak mirip ^_^  Tapi beneran deh, aku sukaa banget ama colenak ini. Colenak adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Bandung. Terbuat dari tape singkong (peuyeum) yang dibakar dan disajikan bersama saus gula merah dan parutan kelapa. Aroma bakar dari tape singkong ini enak sekali, apalagi kalau yang dibakar agak-agak gosong gitu. Konon makanan khas ini mulai langka lho penjualnya. Kalau di daerahku sih emang gak ada yang jual :D

Cara bikinnya gampang banget dan menurutku tambah enak kalau disajikan dengan potongan nangka atau kelapa muda. Karena gak punya nangka, jadi kali ini bikinnya cuma ditambahkan kelapa muda aja yaa...

COLENAK 

Bahan :
500 gr tape singkong 
margarine secukupnya
kelapa parut secukupnya
1 lembar daun pandan, simpulkan

Bahan Saus Gula Merah :
200 ml santan
150 gr gula merah, disisir halus
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 butir kelapa muda ---> dikerok

Cara Membuat :
- Pipihkan tape singkong, bakar sambil dioles margarin hingga kecoklatan (aku pakai teflon). Angkat dan sisihkan.
- Rebus santan, gula merah, gula pasir dan garam bersama daun pandan, sambil diaduk hingga larut.
- Tambahkan kelapa muda, aduk rata hingga kental. Angkat dan dinginkan.
- Tata tape singkong di atas piring / mangkok saji, beri taburan kelapa parut di atasnya dan siram dengan saus gula merah.


Uhuuuy....suamiku doyan banget deh, saus masih panas juga langsung aja disiram ke tape bakarnya. Alhamdulillah. Kalau anakku maunya dimasukin kulkas dulu dan kalau yang bikin suka semuanya :D Ini sih emang dasarnya doyan semua hehehehe. Next time kalau punya nangka, pasti deh diniatin bikin colenak lagi. 








close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==