CHEESE CHIFFON CAKE


Lamaa banget gak bikin chiffon cake, padahal ini adalah salah 1 cake favoritku. Suka dengan teksturnya yang lembut dan ringan, jadi walau makan berpotong-potong ya ayoo aja. Hmmm...kalau ini sih emang namanya doyan makan euy. Sebenarnya paling suka dengan pandan chiffon cake, tapi gara-gara melihat sisa keju di kulkas jadinya putar haluan bikin cheese chiffon cake. Tetap yummy kaan...

Untuk resepnya, aku memakai resep yang sudah cukup populer yaitu dari Seri Masak Femina - Primarasa. Aku modif sedikit di jumlah telur yang dipakai karena ukuran telur yang ada di rumah relatif lebih kecil..

CHEESE CHIFFON CAKE

Ingredients :
150 gr tepung terigu protein rendah, ayak
100 gr keju cheddar parut halus
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
100 gr gula kastor
100 ml minyak goreng kualitas baik
100 ml susu cair
5 kuning telur (dari telur @70 gr) ---> pakai 6 kuning telur
7 putih telur (dari telur @70 gr) ---> pakai 8 putih telur
1/2 sdt cream of tartar ---> pakai 1 sdt air jeruk nipis

Direction :
- Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm, bila ada gunakan loyang chiffon yang berkaki. Jangan olesi bagian dalam loyang dengan minyak atau margarin.
- Masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan selama kurang lebih 10 menit, agar adonan tidak meluber keluar ketika dituang (karena dasar loyang yang kurang rapat).
- Campur tepung terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam dan 2 sdm gula kastor. Aduk rata. Buat lubang di tengah adonan dan tuang minyak goreng, susu serta kuning telur. Aduk dengan whisker hingga licin. Sisihkan.
- Kocok putih telur dengan mixer kecepatan sedang hingga berbusa, masukkan air jeruk nipis dan sisa gula sedikit demi sedikit. Kocok hingga putih telur SOFT PEAK (apabila batang mixer diangkat akan membentuk ujung tumpul).
- Masukkan putih telur dalam beberapa tahap ke dalam adonan tepung, aduk balik perlahan hingga rata.
- Perciki bagian dalam loyang dengan air masak dan tuang adonan ke dalam loyang.
- Oven hingga matang (kurleb 50-75 menit tergantung oven masing-masing ya). Lakukan test tusuk dan test sentuh.
- Keluarkan dari oven, segera balikkan loyang hingga cake benar-benar dingin. (apabila tidak mempunyai loyang chiffon yang berkaki, bisa menyangga loyang dengan botol syrup).
- Setelah benar-benar dingin, keluarkan cake dari loyang dengan bantuan spatula atau pisau panjang.
- Potong-potong dan siap dihidangkan.




Rasanya memang tidak terlalu ngeju, tapi tetap yumeh bin nikmat. Teksturnya yang lembut, bikin nambah-nambah deh hahahaha..
Sebenarnya masih kurang puas karena permukaan cake masih ada yang retak, jadi....next time harus bikin lagi. Gak boleh kapok ya :D





Adonan terigu yang diaduk dengan whisker hingga licin.



Fresh from the oven, langsung balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang atau dengan menggunakan botol syrup ya.

close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==