BROWNIES CAPPUCINO



Finally bikin juga brownies cappucino yang sebenarnya udah lama jadi waiting list resep yang harus dicobain (haiyaaa kok ya pake waiting list segala >,<).  Sebenarnya aku adalah penggemar kopi terutama cappucino, dan tentunya suka dengan segala sesuatu yang berbau cappucino. Karena alasan kesehatan, maka sekarang sudah mulai mengurangi konsumsi kopi. Bukan berarti stop sama sekali, baru bisa sampai taraf mengurangi ^_^

Beberapa waktu yang lalu Mbak Hesti posting brownies cappucino, haaa...langsung deh kenangan lama bangkit kembali.  Ingat kalau resep ini belum dicobain karena selama ini selalu saja SFB yang aku buat. Dibelain malam-malam bikin browniesnya biar bisa dinikmati saat sarapan. Paling suka dengan brownies yang sudah menginap semalaman, karena menurutku rasanya akan lebih enak . Resep tetap aku lihat dari blog Mbak Hesti dan aku modif sedikit aja. Thanks for sharing ya Mbak :)




BROWNIES CAPPUCINO

Bahan :
200 gr butter (aku mix unsalted butter dan margarin)
200 gr dark cooking chocolate
2 bungkus cappucino instan (resep asli 1 1/2 bungkus)
4 butir telur
230 gr gula kastor (aslinya 250 gr gula pasir)
1/2 sdt vanila bubuk
170 gr tepung terigu serbaguna
30 gr coklat bubuk
50 gr almond sangrai

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (aku memakai uk 22x22x4 cm), oles dengan margarin, alasi kertas roti dengan melebihkan kertas roti pada ke-4 sisi loyang, oles margarin. Sisihkan.
- Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
- Lelehkan butter bersama dark cooking chocolate dengan api kecil. Aduk rata hingga meleleh seluruhnya, tambahkan cappucino, aduk rata. Sisihkan.
- Kocok telur, gula pasir dan vanilla bubuk, tidak usah sampai mengembang, asalkan gula larut saja.
- Masukkan campuran butter dan coklat leleh, aduk rata.
- Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang, taburi seluruh permukaannya dengan almond sangrai.
- Panggang dalam oven 180'C selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Lakukan test tusuk ya.
- Angkat dan dinginkan. Keluarkan dari loyang dengan cara menarik kertas rotinya kemudian dinginkan di cooling rack.

Almond atau kenari sangrai bisa dimasukkan ke dalam adonan, tapi karena anak-anakku tidak terlalu suka dengan almond maka aku jadikan taburan aja. Tekstur brownies cappucino ini moist dan lembab tapi kering di bagian luarnya.  Mirip dengan Super Fudgy Brownies.
Walaupun sudah memakai 2 bungkus cappucino, tapi kok bagiku masih kurang kerasa ya aroma cappucino-nya. Kalah dengan coklatnya. Tapi ada juga teman yang juga ikut makan, dia bilang sudah kerasa aroma cappucinonya.


Permukaan 'shiny crust' khas brownies panggang.

Coffee lovers...just try this recipe in your kitchen, right. Happy baking ^_^






close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==