BOLU GULUNG PANDAN



Nge-roll lagi?? Yuuk ah, anggap aja latihan biar lebih rapi kalau bikin roll cake. Masih memakai resep yang sama yaitu resep bolu gulung ekonomis, cuma kali ini memakai pasta pandan. Untuk fillingnya juga beda, kali ini memakai buttercream dan taburan keju cheddar parut. Sukaa banget dengan harumnya aroma pandan. Sengaja bikin yang pandan untuk Mamaku karena beliau memang suka dengan cake pandan. 

Resepnya aku tulis ulang disini yaaa...

BOLU GULUNG PANDAN
source : Ricke Indriani

Bahan :
6 butir telur utuh (gunakan telur yang masih fresh)
90 gr gula kastor
1 sdm emulsifier (aku pakai SP-Ryoto)
70 gr tepung terigu protein sedang
10 gr maizena
10 gr susu bubuk full cream
1 sdt vanilla essence (aku pakai vanilla susu L'Arome)
1-2 sdm pasta pandan
125 gr mentega, lelehkan dan dinginkan (aku mix Wisjman dan Blueband)

Filling :
Buttercream + keju cheddar parut
(mau pakai selai juga oke)

Cara Membuat :
- Siapkan loyang (30x30x4 cm atau 2 buah 22x22x4 cm). Olesi dasarnya dengan margarin, alasi kertas roti dan oles kembali dengan margarin. Sisihkan.
- Ayak tepung terigu, susu bubuk dan maizena.
- Campur semua bahan menjadi satu kecuali mentega cair dan kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental dan putih (all in one method)
- Masukkan mentega cair dan pasta pandan, aduk balik dengan menggunakan spatula hingga merata dan homogen. Pastikan tidak ada lagi endapan mentega cair yang tertinggal.
- Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api besar (190-200'C) selama kurang lebih 10-15 menit (tergantung masing-masing oven) sampai matang dan permukaannya berkulit kecoklatan serta cukup kering bila disentuh.
- Keluarkan dari loyang dan dinginkan.
- Beri filling sesuai selera dan gulung sambil dipadatkan.




Alhamdulillah....saat pengovenan dan menggulung tidak ada halangan, sehingga hasilnya sudah lumayan menurutku, walau masih jauh dari kata rapi dan cantik. Practice makes perfect, right? Dapat masukan dari Bunda Ricke, kalau gulungan terakhir hendaknya diletakkan disamping sehingga hasil gulungannya bisa lebih rapi. I'll do my best Bund ^_^

Sebenarnya pengen banget sharing step by step penggulungannya, tapi apa daya gak ada yang jepretin hihihi. Jadi...sementara bisa lihat di youtube aja dulu ya, salah satunya silahkan bisa klik disini
Happy Baking...




close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==