BOLA AYAM SOUN



Weits....jangan protes ya kalau judulnya tidak sesuai dengan kenyataan hihihih. Harap maklum ya, yang bikin kurang telaten bikin bentuk bola, jadinya bentuknya gak sama deh. Ini juga sekali goreng udah ada yang nungguin, jadi asal bentuk aja deh. 

Bola ayam soun ini kubuat kemarin. Kebetulan kemarin aku bikin chicken and corn cream soup buat anak-anakku dan bola ayam soun ini sebagai lauk pendampingnya. Actually...menurutku lebih enak dibuat camilan deh dibanding dijadikan lauk :D Bikinnya cukup mudah, asal aduk-aduk dan cemplang cemplung aja. Idenya aku dapat dari Tabloid Saji kemudian dimodif sendiri sesuai bahan-bahan yang ada di rumah. Mau bikin juga...yuuk

BOLA AYAM SOUN

Bahan :
150 gr ayam cincang
25 gr soun ---> rendam dengan air panas hingga lunak, tiriskan
1 butir telur, kocok lepas
2 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
3 sdm tepung sagu
1 sdm tepung terigu
2 sdt kecap asin
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
50 ml air es
1 daun bawang, iris halus
minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Dalam suatu wadah, campur semua bahan dan aduk hingga rata.
- Panaskan minyak dan ambil satu sendok makan adonan, bentuk bola dengan menggunakan 2 buah sendok.
- Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Tuuh...gampang ya cara membuatnya. Bisa dikreasikan lagi dengan menambahkan sayuran di dalam adonan, misalnya wortel, kol atau bayam yang dicincang halus. Selain menggunakan ayam giling bisa juga memakai daging giling atau ikan...hmm..yummy. Bisa jadi salah satu alternatif camilan sehat buat si kecil ya ^_^



close
==[ Klik 2X ] [ Close ]==